useful


Cara Gampang Belajar Matematika
December 21, 2007, 4:52 pm
Filed under: news of family&lifestyle

Harus Rajin Corat-coret
WAKTU ditanya pelajaran apa yang paling sulit dan bikin pusing, pasti semua kompakan menjawab matematika. Pendapat tentang sulitnya belajar matematika memang bukan hal yang baru. Soalnya, dari zaman dulu sampe sekarang matematika masih dianggap pelajaran sulit yang memusingkan.
Tapi youngsters, sebenarnya matematika bukan pelajaran yang sulit loh. Setidaknya itu pendapat para maniak yang hobi mengutak-atik rumus ini. Bahkan, untuk bisa mahir memecahkan soal matematika, nggak harus punya IQ tinggi. Sebab, yang dibutuhkan hanyalah kemauan untuk terus berlatih, berlatih dan berlatih….
“Orang yang pintar pun kalo nggak melatih kemampuan mengutak-atik rumus juga akan menganggap matematika itu sulit. Padahal sebenarnya matematika itu mudah dan menyenangkan,”terang Pak Albastomi, Ketua Batam Mathematics Club.
Biar kamu-kamu suka dengan matematika, ternyata caranya nggak sulit loh. Menurut Pak Tomi, biar matematika menyenangkan jangan pernah menganggap pelajaran ini sebagai beban. Selain itu, kamu- kamu juga harus sering latihan menggerakkan pena di atas kertas alias corat-coret. Gampang kan?
“Matematika, walaupun bisa dimengerti waktu dilihat dan dibaca tapi kalo nggak diikuti dengan corat- coret nggak akan menyenangkan. Jadi corat-coret itu jadi hal yang penting dan wajib untuk dilakukan,”ungkapnya.
Kalo kamu-kamu udah suka ama matematika, kamu akan lebih mudah menguasai pelajaran yang lain. Secara, matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan. The Math is the Queen of Science. Bahkan ada postulat yang mengatakan bahwa barangsiapa bisa menguasai matematika, ilmu lain akan jadi lebih mudah untuk dikuasai.
Masih menurut pak Tomi yang juga pemilik Lembaga Bimbingan Belajar Eksakta Albastomi, kalo ilmu matematika sudah dikuasai, kamu-kamu sama aja udah menguasai 50 persen ilmu fisika, 50 persen ilmu kimia, dan 50 persen ilmu statistik. Waah… seru banget….

Kuliti Dulu Rumusnya
BICARA soal matematika, pasti kamu langsung kebayang ama rumus-rumus yang banyak banget. Itu wajar karena kunci pelajaran matematika emang ada pada rumus itu sendiri. Jadi, kalo kamu berhasil menguasai rumus itu, pelajaran matematika jadi mudah dan menyenangkan.
“Bagi yang pengen pintar matematika, kunci utamanya adalah menguliti alias memahami secara total rumusnya. Sebab kalo rumus udah dikuasai secara maksimal, biarpun soal dibolak-balik tetap aja mudah dipecahkan. Ya karena rumusnya sudah dikuasai,”terang Pak Albastomi.
Masih banyaknya orang yang bingung memecahkan soal matematika saat ini, karena emang kebanyakan kurang memahami asal usul rumus untuk memecahkan soal yang dihadapinya. Jadi begitu soal sedikit saja dibalik orang itu akan langsung merasa bingung.
Selain senang mengutak-atik rumus, hal lain yang juga kudu kamu lakuin adalah selalu bertanya waktu menemukan kesulitan memecahkan rumus. Bisa tanya ama orang yang udah mahir matematika atau bisa juga lewat diskusi dengan teman.
“Kalo pengen pintar matematika ya harus suka ama pelajaran itu sendiri. Sebab, kalau udah nggak suka ama pelajarannya, gimana bisa memecahkan soal yang sangat butuh ketelatenan dan kejelian itu,”katanya.

Syaratnya Rajin Ikut Kompetisi
SELAIN kegemaran mengutak-atik rumus, sebenarnya ada resep lain yang bisa dijadikan jalan mewujudkan keinginan untuk lebih suka dengan pelajaran matematika. Yakni melalui ajang kompetisi.
Selain bisa mengasah kemampuan matematika yang kamu miliki, kompetisi bisa sekaligus jadi ajang pembuktian diri. Apalagi, kalo menang kamu bisa dapat hadiah. Seru kan?
Salah satu kompetisi yang bisa kamu ikuti adalah olimpiade matematika seperti yang baru digelar Batam Mathematics Club akhir pekan lalu.
Dengan cakupan peserta hingga se-Provinsi Kepri kamu bisa jadi lebih tertantang untuk membuktikan kemampuan kamu memecahkan persoalan matematika melalui rumus. Dan bonusnya, kalo menang, kamu-kamu bisa melanjutkan kompetisi hingga tingkat nasional atau bahkan internasional.
“Bila sering ikut kompetisi, biasanya orang akan termotivasi untuk lebih meningkatkan kemampuan. Selain itu, bagi yang memang hobi mengutak-atik soal matematika ada wadah yang bisa menampung hobi mereka yakni lewat kompetisi,”jelas Pak Albastomi yang juga dosen Universitas Riau Kepulauan (Unrika) ini.
Apalagi, soal-soal yang diberikan saat kompetisi semacam olimpiade matematika memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan soal yang biasa diberikan di sekolah. Meski sebenarnya rumus yang digunakan sama saja.
“Untuk memecahkan soal olimpiade tetap menggunakan rumus yang diberikan di sekolah. Hanya saja, karena rumus tersebut jarang diaplikasikan di sekolah kadang akan memberikan tingkat kesulitan yang berbeda tak seperti ketika harus memecahkan soal matematika di sekolah,”katanya.
Manfaat lain ikut dalam kompetisi adalah memperdalam kemampuan kapita selekta. Yakni penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari serta kemampuan menyerap materi baru atau materi yang belum pernah diajarkan di sekolah.

72 Comments so far
Leave a comment

[…] Cara Gampang Belajar Matematika December 21, 2007, 4:52 pm Filed under: news of family&lifestyle […]

Pingback by cHika.giLLak’s Blog » Blog Archive » cara gampang bLajar MateMatika

kenapa saya susah memahami peajaran matematika?

Comment by nia

veni kamis, june 18 2009 11:32 AM
gimana sih caranya biar gampang mengerti soa-soal matematika dengan cepat karena

Comment by veni

ku suka matematika tpi soal cerita yg mmbuat qw jdi lmh…!bri tips donk

Comment by nanda

Q saat ini kls X sma,q pingin bnged masuk 5 besar dikls n bisa masuk IPA,tp tiap ulgn mat ga bisa dpt nilai bagus,padahal q udah les,gmn ya biar q jago mat.

Comment by Aya

apa yah??????????????????????????????????????????????????????????????

Comment by dian putri

sebentar lagi saya menghadapi UN . tapi jujur untuk pelajaran matematika saya sangat kesusahan :(

Comment by citra

inih mmah gampang untuk masalah mtk GUE seneng banget

Comment by joovvyyyyy

Tg Bisa Seneng. Yg Gk Bsa Menderita!!

Comment by Mr. Xxx

kci tw q nach rumus2 mat. and kstw q spy q bs pntr mat.

Comment by sonia

susah ya

Comment by dewi

Menurut aku matematika itu mudah tapi harus belajar, dan selalu memperhatikan kalu guru sedang menenrangkan???**

Comment by Pro_Rizal Seprandi*

Ya Rizal gua setuju pendapat loe kalau ingin pinter matematika kita harus mendengarkan ketika guru memberikan penjelasan , belajar dan jangan lupa berdoa??? ingat ya Friends

Comment by Sun Napoleon Agatha*MC

Kalau aku sih seneng dengan pelajaran matematika karena dari pleajaran matematika hidupku lebih mudah dan bermaanfatt??

Comment by Sun Napoleon Agatha*MC

Kalau saya sih bilang matematika itu gampang karena kalau kita rajin, giat berlatih insyaalaah kita pasti bisa, jangan lupa bila guru sedang menerangkan hendaknya kita memperhatikan ?? Don<t misss,it

Comment by Pro_Rizal Seprandi*

betul juga kata kamu pasti kamu pintar

Comment by vika

Pkokna Mach UP TO YOU…

Comment by Mr. Xxx

soal matematika
perbandingan sudut siku-siku yang terkecil

Comment by putri mayang sari

perbandingan sudut siki-siku yang terkecil

Comment by putri mayang sari

aku suka banget pelajaran matematika
tapi ???
kenapa nilai ku gk prnh memuaskan
heheheee :)

Comment by lisa

mtk mah susah bagi saya

Comment by vika

tenatng pecahan mudah dll

ada juga yang sulit

Comment by vika

hah/.. ngertinya cuma di pecahan, perkalian,kuadrat,dan akar.

Comment by buNgA

KALAU KATA SAYA MATEMATIKA ADALAH PELAJARAN MENYENANGKAN

Comment by ghiyaTS

MENURUT SAYA MATEMATIKA ITU SUSAH TAPIMENYENANGKAN:)

Comment by diasunha

matematika niku gampangg… bila dlam hti qta menyukainya….

Comment by ayankmu

w sangt suka plajaran mtk bagi w mtk tu sngt mudah tv yg pling w bingung d soal matematika lo dah d bolak balik gmana cra mengatasi’a ?

Comment by rahmad fauzi

matematika adalah pelajaran yg paling serru!!!!!!!

Comment by hanz

haduh gimana trik buat ngitung cepat tapi tepat ???

Comment by eqha

Sebenarnya sih saya suka mathematic…
But, aku bingung bhs.inggris
krn bhs.inggris dlm mtk kan beda dgn bahasa inggris umum (usa)

Comment by clarika

aduh……
gimana cara biar bisa menangkep cepet pelajaran matematik ya?????????

Comment by hamba allah

gampang apa susahnya itu tidak masalah bgi ku….
tpi kperluan dalam hidup kita itu untuk apa??????????

Comment by Talut Talat

gue ke pingin law ad pljr mtk gue tu bisa mju ngrjain soal/contoh yg di brkn gru dgn mdh gmn si tips ny

Comment by rhina lorenzza

Dulu bagi saya matematika adalah hal yg sulit
tetapi setelah saya mendapatkan motivasi dari guru saya.. Saya bisa mengerjakan soal matematika itu dgn baik :)

Comment by Bunga puspitasari prasetya

I LOVE MATEMATIKA
AKU SENANG BANGET SAMA PELAJARAN MATEMATIKA . . . .

Comment by RiizKhaa

yang penting happy . . . . .
matematika is the best

Comment by RiizKhaa

aq pengen banget bisa menguasai matematika, aq juga udah les, disekolah aq sering memecahkan soal matematika bahkan kalau disuruh jawab aq sering rebutan, tapi knapa saat ulangan aq slalu dpt nilai jelek (7), padahal targetku 9. huh sebel,

Comment by Salma Rahmatika Darmawan

aq laz 3 smp, q slalu bilang bahwa mtk tu nyenengin, q jg dah les, bahkan lo dckolah q slalu memecahkan soal, kalau disuruh maju sering berebut, aq jg 85% menguasai pljrn tsbut, tp knapa yach lo aq ulangan slalu dpt nilai jlek pdhal targerku tu 9,

Comment by Salma Rahmatika Darmawan

“kNp ce Q gk prnh biza matematikaa???????
>__<

Comment by Roy_ce@

Q plg hobi ma mtk tp koq pas ujian q ngx bsa ?? kasih trik nya donk

Comment by By Rifka

Q plg hobi
ma mtk tp koq
pas ujian q ngx
bsa ?? kasih trik
nya donk

Comment by By Rifka

kNp MaTeMaTiKa SaNgAt AmAt SuLiT SaMpEk NiLaI tRy oUt Q JeLeK GaRa GaRa MaTeMaTiKa

Comment by mareta vilda

Kenapa saya sangat susah sekali memahami matematika?? :(

Comment by Nurul Hinayah

Saya sih bisa matematika, tapi kalo soalya dibolak balik saya jadi bingung, kasih solusinya dong di apriehanggoro@yahoo.com

Comment by Anka Priehanggoro

q ajarin dng , w soalnya pngn bs mtk ajarin w yaaaaaaa, w sh bs mtk tp masalahnya rmsnya itu yng ssh

Comment by najma

ah matematika soal nya sulit sulit bikin kepala pusing dan mau pecah……………

Comment by esmeralda

Kalo gue pengen banget bisa matematika , gue udah berusaha buat merhatiin guru terus kalo gue gatau lngsng nanya caranya sama temen . Tapi sama aja gue ga bisa matematika

Comment by E

Gua mah lebih suka bhs inggris drpada matematika

Comment by Juno

Ok,deh.Makasih atas tipsnya.Mudah-mudahan aku bisa pintar matematika ^^

Comment by Ken

waghhhh boleh jg tugh carany d coba……
soalnya mtematika adalah pelajaran yg pling pling bkin pusng kepala..hhee^_^…..
d coba agh…moga” aj abis ni bs jago matematika..Aammin..

Comment by Umi Latifah

manfaat banget ..makasih :-)
akan ku coba memahami mtk :-)

Comment by ade love sarah

aku sangat suka soal mtk krn bg aku mtk itu mudah bagi yg mendengarkan bu guru menerangkan, tapi kalo yang tdk mendengarkan bu guru menerangkan akan menjadi binggung saat di kasih soal mtk

Comment by REINHARD.EVAN.KIROH

aku sangat suka soal karena bagi aku mtk itu mudah bagi yg mendengarkan bu guru menerangkan, tapi kalo yang tdk mendengarkan bu guru menerangkan akan menjadi bingung saat di kasih soal mtk

Comment by REINHARD.EVAN.KIROH

EH XA KLO CARA BIAR CPET PAHAM MTK HOW??????????????????????????????????????????? Q TU BINGUNG BGT MA MTK LIAT ANGKA JA DACH MUMET???????????????????????

Comment by ICKE EL-KHARISMANDY

ini adalah cara yg bagus!tp…ada yg lebih banyak lagi gak?

Comment by @karyaapiqyumna

pusing dech klw mkirn pljrn mtk

Comment by angel (@angel91393694)

saya suka belajar matematika,, tapi aku sering pusing waktu dak bisa menyelesaikan soal nya,,

Comment by elvi novita

waktu aku SD dulu, jago amat dach yg namanya math..
tapii masuk SMA malah mlempep,,, dan ngrasa paling gk bsa d kelas,, :/ gmn cara na jago lagi kyk dulu..?

Comment by dyah

saya pingin pinter matematika, dulu waktu sd ama smp mah jago lahh.. masiih enak pljran math.. tpi sekarang uhh susah banget.. mnta cra’a biar bsa jdi jago lagi kya dlu.. mkasihh :)

Comment by adahittikkhadah

Makasih y, tipsx…

Comment by CHACHA

aku juga suka mtk tapi saat aku ikut olimpiade aku selalu masuk 14 besar tapi aku sangat bahagia

Comment by devi cienta islam

Mksh atas tips’nya…
Aku mrsa sngg,sdh agak ngerti..

Comment by Ranny aL jufrii

kenapa ya pljran mtk itu susah bgt pgn deh bisa menguasai pljrn mtk gmna ya cranya kasih tips donk….. biar aku bisa mnguasai jga pljran yang lain

Comment by Vita

oooooo bagitu caranya

Comment by ikhlas

knpha ya aq lw pelajaran matematika kok sulit bngetz..bisa nangkep pljrnnya,,,g’biza fokuz lagi…pngqindtz pntr mtematik…………

comendt by pputz

Comment by pupuetz

Hi! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers?
My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing
a few months of hard work due to no back up.
Do you have any solutions to prevent hackers?

Comment by matxa

dulu sedikit bisa .. sekrang bisaa… ..:) banyak latihan mas bro.o….!!! bnyak coratt – cotettt gitu sih..

Comment by uzii

betul betul betul

Comment by ella

ahahahahahahha

Comment by imuetz ela

uuuuuuuuuuuuuuu

Comment by imuetz ela

oooohhh..

Comment by safira apriliani

say kls 7smp, sebenarnya pas SD paling jago matematika, tapi knp ya di smp sy bingung sm mtk???? & ulangan g pernah dapat 9??? pdhl pas SD ulgn aku 100 terus malah try out mtk dpt 100, kasi solusi donk

Comment by Melika Candra




Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

