useful


Nyeri Tulang Belakang
December 27, 2007, 4:25 pm
Filed under: news of family&lifestyle

NYERI tulang belakang sering dikeluhkan banyak orang.Namun, tidak banyak yang menganggap kondisi ini sebagai masalah serius.
Nyeri tulang belakang adalah nyeri pada bagian tulang setinggi pinggang. Nyeri tersebut dapat menjalar ke bagian tubuh lain atau menyerang satu lokasi saja. Penyakit ini kerap dirasakan dan datang saat tidak terduga.
Penyebab nyeri dapat bermacam-macam, mulai adanya gangguan pada struktur tulang hingga bantalan tulang atau otot-otot yang terlibat dalam menunjang tulang belakang itu sendiri. Nah, kondisi ini dipicu aktivitas yang dominan pada bagian tertentu.
Untuk mengatasi masalah nyeri tulang belakang ini, tindakan operasi kadang harus ditempuh. Namun, kini masalah ini bisa diatasi tanpa harus operasi.
Studi dari American Pain Society and American College of Physicians memaparkan, rasa nyeri seseorang yang mengalami gangguan tulang belakang mampu dikurangi tanpa harus melakukan tindakan operasi.
“Kabar baik bagi mereka yang mengalami nyeri tulang belakang. Ada banyak pilihan dan memberikan hasil yang menggembirakan,” ujar Associate Professor of Medicine at Oregon Health & Science University, Portland, Roger Chou MD, seperti dikutip http://www.webmd.com.
Chou menambahkan, tidak ada perawatan sempurna yang tepat untuk setiap orang. Itu tergantung dari keinginan pasien, seperti memilih manipulasi tulang belakang atau akupunktur. Alternatif terapi ini sama bagusnya dengan penggunaan obat-obatan.
Dalam sekali waktu dokter menyarankan untuk beristirahat di tempat tidur selama beberapa hari. Padahal saran tersebut merupakan saran yang buruk untuk mengatasi nyeri tulang belakang.
“Kami tidak menyarankan pasien untuk berbaring di atas tempat tidur,”tandasnya.Chou menyarankan agar pasien berdiri dan beraktivitas seperti biasanya dengan intensitas tertentu.
Membaringkan diri di atas tempat tidur malah membuat keadaan menjadi lebih buruk. Namun, jika tidak menginginkan tulang belakang semakin memburuk dengan beraktivitas seperti biasa,setidaknya aktivitas tersebut akan menjaga dan menguatkan tulang belakang.
Dokter akan memberikan sinar X rutin kepada pasien yang mengeluh nyeri di bagian tulang belakang. Tindakan ini juga tidak selalu digunakan karena sinar X hanya digunakan untuk membuktikan asumsi dokter.

About these ads

10 Comments so far
Leave a comment

[…] tulang yang paling sering diderita wanita usia 25 – 35 tahun adalah nyeri tulang belakang atau tulang punggung, yang juga disebut low back pain. Gangguan ini disebabkan oleh cedera akibat […]

Pingback by Sayangi Tulang Kita « Pelangi di Seberang Mentari

saya sedang merasakan nyeri tulang belakang sejak 4 bulan belakangan ini , kata dokter cie ulang belakang ku ada masalah bekas kecelakaan motor waktu itu , rasa yach sakit sekali deh saat dia kambuh di saat saya sedang berada di kantor , ntah kenapa ?

apa yach obat yach ^,^

Comment by cinta

Sjk mli hamil spi skrg,sy mderita nyeri pd tlg belakang.nyeri dtg kadang2aja.ga tentu.apa solusi yg bagus?skrg umur anak sy sdh 19bln.trims

Comment by Sari

Saya sering mengalami nyeri tulang belakang,,,,hal ini sering kali terjadi disaat saya terlalu capek, apa solusi yang bagus,, untuk mengatasi rasa nyeri pd tlngblkng saya??

Comment by yechien mhocy

saya sering merasakan sakit pada bagian tulang belakang saya , kata dokter ini ada radang tulang belakang pdhal usia saya msh 15th , stiap kali kambuh rasa sakit nya tk bisa d.tahan lgi ..apa tadamg tulang belakang itu berbahay ?

Comment by Desah Idayu

thank’s for information

Comment by tasmin

pa obat secara alami nyeri tulang belakang?

Comment by mimin

selamat pagi
saya ibu satu anak berusian 30 tahun, dan pernah operasi sesar, saya ingin menayakan bagai mana mengatasi nyeri tulang punggung bagian belakang, agar sakitnya berkurang ada tidak obat alternatif selain dari obat2an dokter yang cenderung memberi obat penghilang rasa sakit.terimakasih

Comment by Azniaty Jamaliah

mamaku mengeluh sakit dpertengahan tulang punggungnya sudah dr beberapa tahun yg lalu
katanya sakit sekali dan kemudian terasa panas.. apa diagnosa unjuk mama saya??

Comment by yuka erina

assalamualaikum,,, saya sering mengalami nyeri tulang belakang. mohon solusi yang terbaik tanpa harus mengeluarkan biayak yang banyak, karna tidak adalah orang yang mampu untuk itu.

Comment by syifa




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: