useful


Terapi Sinar Penangkal Bipolar
January 26, 2008, 9:10 am
Filed under: news of business

GANGGUAN kejiwaan banyak ditemui di tengah masyarakat, mulai ringan hingga berat. Berbagai penelitian pun dilakukan untuk mencari penanganan yang tepat. Salah satu masalah kejiwaan yang masih kurang dipahami masyarakat adalah gangguan bipolar. Gangguan ini berupa perubahan mood dalam tempo singkat, kadang sedih, gembira, dan kecewa. Gangguan bipolar dapat diklasifikasikan ke dalam empat kategori yaitu bipolar I, II, campuran dan siklotimik. Gangguan bipolar I merupakan gangguan bipolar yang paling umum terjadi. Kondisi ini dihubungkan dengan satu atau lebih episode manik. Gangguan bipolar I lebih banyak episode manik daripada depresi.
Adapun gangguan bipolar II merupakan kondisi yang diasosiasikan dengan satu atau lebih episode depresi. Gangguan tipe ini lebih banyak mengalami episode depresi.
Berbeda dengan gangguan bipolar II, gangguan bipolar campuran antara episode depresi dan episode manik tidak ada aturan. Bisa muncul episode manik terlebih dahulu atau episode depresi dahulu. Adapun tipe siklotimik merupakan perubahan antara episode depresi dan manik yang berubah cepat sekali dan perubahan mood yang tiba-tiba.
Gangguan bipolar akan berdampak dalam semua aspek kehidupan. Mereka yang tidak mendapat perawatan yang tepat akan sering bertengkar dengan pasangan, prestasi buruk di sekolah,kehilangan pekerjaan, penggunaan alkohol, bahkan tebersit ide atau usaha bunuh diri. “Jika episode depresi sudah sangat ekstrem, mereka akan mempunyai pikiran tentang kematian atau bunuh diri. Episode ini biasanya tidak dikenali lingkungan sekitarnya,” kata psikiater dari Sanatorium Dharmawangsa dr A Kusumawardhani SpKJ.
Untuk mengatasi gangguan bipolar, berbagai upaya penyembuhan dapat dilakukan antara lain terapi farmakologi (dengan obat-obatan) dan terapi psikososial. Kedua upaya ini harus saling melengkapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
“Terapi psikososial untuk gangguan bipolar bukan terapi alternatif, melainkan suatu suplemen,” ujar Profesor Myrna M Weissman dari Columbia University.
Selain itu, ada metode lain, yakni dengan terapi sinar. Sebuah studi terbaru mengungkapkan terapi sinar dapat mengurangi gejala depresi pada wanita dengan gangguan bipolar.Terapi sinar merupakan salah satu jalan untuk mengurangi depresi karena musim dingin. Meski demikian, terapi sinar efektif diberikan pada penderita depresi dan tidak tergantung pada musim.
Penelitian terhadap gangguan bipolar yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal kesehatan mengungkapkan, manfaat terapis inar ini juga dirasakan pada penderita gangguan bipolar, dengan perubahan mooddari depresi ke mania.
Penelitian kecil ini melibatkan sembilan perempuan penderita bipolar dengan masa depresi. Sebelumnya, subjek tidak menunjukkan respon yang bagus dengan terapi konvensional. Kelompok perempuan berada dalam kotak yang diberi paparan sinar selama 15,30, dan 45 menit tiap hari selama dua minggu.
Empat orang mendapat sinar pada pagi hari, sedangkan sisanya mendapat sinar pada siang hari. Sebanyak empat yang lain mendapat perawatan sinar matahari pagi, tiga di antaranya mengalami sedikit perbaikan gejala seperti perasaan sensitif, ingin tidur, cemas, dan tidak bergairah. Adapun, pasien yang mendapat sinar saat siang hari menunjukkan respon yang lebih stabil.
“Sehingga peneliti memindahkan semua subjek untuk mendapatkan paparan sinar pada siang hari. Enam dari sembilan pasien mengalami penurunan gejala karena merasakan manfaat dari terapi sinar,” ujar peneliti dari University of Pittsburgh Medical Center, Pennsylvania Dr Dorothy Sit seperti dikutip Reuters.

Advertisements

4 Comments so far
Leave a comment

how to make the bipolar disorder disappear from me?
its so painful, especially when no body doesn’t know about my condition that i’m in maniac condition….
i dont know who should i scream of it????

Comment by monZ

Bingung jg euy… ga ngerti ma diri ndiri, tp skarang udh paham gw kena bipolar… 10q infonya

Comment by HaE

tolong dong minta pengobatan yang pasti untuk nanganin depresi ini gw da capek berobat ga sembuh2 malah tambah parah…
someone please help me…

Comment by Mahmut

haii semuanya…. menurut aku, kategori penyakit anak, autis, ada di dalam diriku. dan kategori bipolar pun, ada di dalam diriku. hem…. emg… sempat susahhh ngatasinnnya. bikin depresi. bikin pesimis, kadang pengen ngelakuin hal2 alternatif maupun bunuh diri. Tapi aku pasti bisa. pasti bisa mensyukuri diriku apa adanya. dan meski aku saeperti buruk di mata yg lain… ALLAH akan tetap ada. Dia pasti ngerti. meski aku cuma cecurut yg sering berkhianat

Comment by blackway




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: