useful


Anderson “Deco” Luís de Souza: Magico Deco
July 4, 2008, 7:33 am
Filed under: news of sport style

TAK pernah lama menggocek bola, akurat dalam mengumpan dan mengisi posisi kosong di daerah lawan, perlakuan yang sangat memanjakan para penyerang. Tipikalnya pekerja keras, skill individu yahud, visi bermain dengan imajinasi tinggi serta tak kenal lelah berkreasi yang membuat suasana permainan tak pernah mati.
Itulah sekelumit pesona pesepakbola bernama lengkap Anderson Luís de Souza alias Deco. Kemampuan individunya yang bak seorang pesulap membuatnya berjuluk Magico Deco. Julukan yang sangat cocok bagi pemain dengan kelas permainan sepertinya dan menggambarkan sebuah sentuhan ajaib dari kaki playmaker handal ini. Aksi, baik itu umpan maupun tendangan, terkadang sangat mengejutkan lawan. Tak heran jika unsur magis selalu hadir setiap kali bola ada di antara kedua kakinya.
Pria kelahiran 27 Agustus 1977 ini memang seolah terlahir menjadi pemain kunci di setiap tim yang dibelanya. Meski terhitung telat muncul dalam sepakbola level dunia, namun itu tak mengurangi kesempatannya untuk berkembang. Kuncinya: determinasi, fokus, konsentrasi dan selalu berkreasi. Itulah yang sudah dirasakan FC Porto, Barcelona dan timnas Portugal. Jose Mourinho, Frank Rijkaard dan Luis Felipe Scolari menjadi individu pelatih yang sangat mengerti arti penting kehadiran playmaker berpostur 173 cm itu. Meski akhirnya ‘dibuang’ di dua klub, itu bukan berasal dari tidak mumpuninya kapasitas Deco, tapi lebih pada ketidaksesuaian pola yang akan diterapkan sang pelatih baru.
“Dia pemain yang sangat hebat, tak banyak bicara, selalu bekerja keras, membagi bola dengan sempurna dan selalu tampil dengan determinasi tinggi. Satu lagi, saat ia berbicara, semua orang dipastikan bakal mendengarnya, Ronaldinho dan Eto’o sekalipun,”tutur bintang Barcelona, Lionel Messi.
Pengakuan kemampuan sang playmaker diakui kalangan pelatih berkelas dunia. Tidak hanya Luiz Felipe Scolari, Jose Mourinho dan Frank Rijkaard saja, namun pujian juga datang dari Ottmar Hitzfield dan Sven Goran Eriksson. “Pemain yang sangat komplet, mampu menciptakan sesuatu yang disebut orang magis, dia memang tak seperti Ronaldinho ataupun Ronaldo yang selalu menyuguhkan teknik individu, tapi Deco adalah pemain komplet yang bisa memerankan kedua-duanya, ya sebagai tim, juga sebagai individu jika diperlukan,”ucap Hitzfield, mantan arsitek Bayern Muenchen.
Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson juga menyatakan kekagumannya pada skill pemain yang nyaris menjadi pemuda termahal sejagad kala ditawar Paris Saint Germain 19 juta euro saat berusia 19 tahun ini. “Sungguh bahagia jika memiliki pemain sekaliber dia, imajinasinya sungguh brilian, sayang kami gagal menggaetnya,”ucap Alex, yang memang sempat ingin mengambil Deco usai timnya bertemu dengan Porto pada Liga Champions beberapa tahun lalu.
Bagi Deco sendiri, kemampuannya di level sepakbola tertinggi dunia menyadarkan tentang anugerah yang tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. “Aku mungkin beruntung, karena aku nyaris putus asa dengan karir sepakbolaku, beruntung aku meninggalkan negaraku, meski tak bisa membela timnasku, tapi apa boleh buat mungkin ini sudah jalan hidupku, aku harus menikmati dan menyelesaikannya,”sebut Deco, yang menunjukkan kerendahan hati seorang bintang senior.
Apa yang diungkapkan Deco memang benar. Kini ia menatap masa depan dengan tantangan baru, yakni membawa Chelsea kembali menjadi juara Premiership dan bertahta di Liga Champions musim depan. Sebuah perjalanan yang membutuhkan kerja keras, determinasi tinggi, pantang menyerah dan segudang kreasi. Kebetulan itu semua sudah ada pada diri Deco. “Keputusanku ini merupakan yang terbaik bagi dan aku bangga bisa berada disini,”ucap Deco dalam situs resmi Chelsea, Selasa (1/7). (persda network/bud)

Target Langsung Juara
ADA sejarah unik yang mengalir di darah Deco selama karirnya di benua Biru. Apalagi kalau bukan tentang gelar juara yang berhasil diraih. Bukan dalam kuantitas namun kesempatan yang selalu datang di setiap awal kedatangannya di sebuah klub.
Di Portugal, saat ia datang pada tahun 1999, musim selanjutnya ia sudah menggondol gelar Liga Portugal bersama tim dari ibukota itu. Selanjutnya saat memilih karir di Barcelona, ia pun langsung memberikan satu trofi juara La Liga bagi masyarakat Catalans. Ini menandakan setiap kedatangannya selalu memberikan efek positif dan strategi permainan yang berbeda. “Aku selalu datang dengan tantangan, dan itu selalu ingin aku dapatkan. Tentang gelar juara, itu adalah bonus dari kerja kerasku, yang jelas target terpenting adalah juara,”ungkapnya. Akankah ini berlaku saat ia berbaju Chelsea nanti?patut ditunggu Magico dari Deco. (persda network/bud)

Antara ArtDeco SuperDeco
KEHANDALAN pola permainan Deco sudah dikenal kawan maupun lawan di lapangan hijau. Pun di kalangan pendukung Porto, Barcelona dan timnas Portugal, kehadiran Deco dianggap memiliki sentuhan ajaib yang mampu membuat suasana permainan lebih hidup.
Tak heran jika dua julukan lain pun bersemat di dada pemain kelahiran Sao Bernardo do Campo ini, ArtDeco dan SuperDeco. Panggilan ini lebih didedikasikan bagi kerja keras sang pemain setiap kali merumput ke lapangan. Nyaris tanpa lelah bergerak, membuat Deco dianggap berkemampuan super, tentu dengan segala skill individunya yang sangat menawan. “Sepakbola tak sekedar olahraga, tapi unsur seni dan kesenangan jelas berada di dalamnya, aku menikmati setiap pergerakanku dan temanku, itu saja,”ujar Deco. (persda network/bud)

Gol Debut Spesial
SEIRING permainan yang meningkat bersama FC Porto, pemerintah Portugal pun menawari Deco untuk menjadi warga negara permanen. Kesamaan bahasa, budaya dan niatan untuk lebih berkembang membuat Deco tanpa banyak waktu langsung menerima ‘pinangan’ Portugal untuk menjadi warga pada tahun 2003.
Tak perlu waktu lama untuk menjalani debutt bersama timnas Portugal, 29 Maret 2003 menjadi hari bersejarah bagi Deco. Ia masuk dalam daftar pemain yang akan berujicoba dengan negara asalnya, Brasil.
Kehebatannya sebagai playmaker langsung ditunjukkan. Masuk menggantikan Sergio Conceciao, di 15 menit babak kedua dimulai, deco langsung menggebrak dengan gol spektakuler dari tendangan bebas. Gol itu membuat Portugal menang 2- 1 dan menjadi kemenangan pertama sejak 37 tahun!.
“Gol ini sangat spesial, karena menjadi bukti sebenarnya aku layak masuk dalam timnas Brasil, sayang mereka enggan melirikku, aku makin bersemangat dan gol ini tidak akan pernah aku lupakan,”ucap Deco, saat itu. (persda network/bud)

Gagal di Rumah Tangga
SUKSES di karir tapi gagal di sektor rumah tangga. Itulah nasib yang harus diterima Deco dalam bahtera membangun keluarga. Dua kali menikah, dua kali pula pemain yang pertama kali merumput di Corinthians ini mengalami nasib tak mengenakkan: cerai.
Dalam hubungan pertamanya dengan Cila, ia sudah memiliki dua anak, Joai Henrique dan Pedro Gabriel, namun Deco memutuskan cerai saat ia berkenalan dengan Jaciara dalam sebuah pesta di Salvador Brasil. Demi Jaciara, Deco pun menceraikan Cila. Deco menikahi Jaciara pada April 2005 dan memiliki satu putra dan satu putri. Entah apa yang terjadi, tiba-tiba saja mereka menyatakan perpisahan alias cerai pada Maret 2008 lalu. Kini Deco dikabarkan tengah menjalin hubungan asmara dengan seorang perempuan yang namanya masih sangat misterius.
Bahkan pada Euro 2008 lalu, kalangan media pun sempat disibukkan dengan isu kedatangan kekasih Deco ke Austria-Swiss. Sayang mereka tak pernah menemui buktiu nyata di lapangan. Kini kekasih baru Deco masih rahasia. Mungkin setelah pindah ke Chelsea, Deco bakal blak-blakan mengenalkan siapa calon istri barunya itu. (persda network/bud)

Apa kata mereka:
-“Deco tak pernah banyak bicara, tapi saat ia berbicara semua orang selalu mendengarkannya” (Lionel Messi)
-“Dia pemain berkelas dunia” (Jose Mourinho)
-“Aku pikir kesalahan terbesar yang pernah kubuat adalah saat aku menolak Deco masuk dalam timnas Brasil. Sekarang aku berada di Portugal dan aku sangat senang dengan kualitasnya” (Luiz Felipe Scolari)
-Deco adalah barometer seluruh musim kami, saat ia tengah berada dalam kualitas terbaik permainan kami dipastikan bakal hidup. Saat ia berada dalam keadaan tak normal, kami pun kehilangan kontrol permainan,” (Frank Rijkaard)
-“Dia seorang pemain yang luar biasa. Kesalahan besar kalau meremehkannya,”Martin O’Neill.
-“Ia seperti seorang anak bodoh di komik Jepang, tapi Deco sangat berintelegensia tinggi, fokus, bekerja keras, keras kepala, meledak-ledak dan seorang pengumpan luar biasa,”majalah FourFourTwo. (bud)

Nama: Anderson Luís de Souza
Lahir: Sao Bernardo do Campo, Brazil, 27 Agustus 1977
Postur: 174 cm

Karir:
Tahun Club Tampil/gol
1996-1997 Corinthians 2/0
1997 Corinthians (AL) 0/0
1997-1998 FC Alverca 32/13
1998-1999 Salgueiros 9/2
1999-2004 FC Porto 148/32
2004-2008 FC Barcelona 112/13
2008- Chelsea –
Timnas
2003- Portugal 56/4

Penghargaan:
Individu
Individual
FIFA World Club Cup Golden Ball: 2006
UEFA Champions League MVP: 2004
Pemain Tengah Terbaik 2004, 2006
Bola Perak Eropa 2003/04
Pemain Terbaik Portugal 2004
Bola Emas Portugal 2003

Klub
FC Porto
Juara Liga Champions (2004)
Juara Piala winner (2003)
Juara Liga Portugal (1999, 2003, 2004, Runner-up: 2000, 2001)
Juara Piala Portugal (2000, 2001, 2003, Runner-up: 2004)
Juara Supercup Portugal (1999, 2001, 2003, Runner-up: 2000)
Runner up Piala Super Eropa (2003)

FC Barcelona
-Juara Liga Champions (2006)
-Juara Liga Spanyol (2005, 2006, Runner-up: 2007, 2008)
-Juara Piala Super Spanyol (2005, 2006)
-Runner Up Piala Super Eropa (2006)
-Runner Up Piala Dunia Antarklub (2006)

Timnas Portugal
-Runner Up Piala Eropa 2004.

*Mau berbisnis cincin bermata mutiara dan aneka produk turunannya asli dari Lombok dengan keuntungan cukup menggiurkan?silakan telpon ke nomor 081364307721 atau 021-94672604 atau 021-32320145. Cincin mutiara yang kami tawarkan asli berasal dari kawasan Indonesia Timur tepatnya Lombok, dan harga yang kami tawarkan dijamin lebih murah, malah murah banget, dibanding harga pasar kami lebih murah lebih dari 50 persen. Jadi saat Anda menjual ke rekanan atau teman Anda, Anda masih bisa mengambil untung dari margin cincin mutiara tersebut. Kami juga menerima orderan untuk souvenir pernikahan dalam partai besar. Selain itu, kami juga menerima pesanan sesuai dengan keinginan Anda, baik itu mutiara murni ataupun mutiara berlapis emas dengan berat gram yang sesuai dengan keinginan Anda.
Selaain cincin mutiara, kami juga menyediakan kombinasi dengan emas. Intinya, apa yang kami berikan adalah apa yang Anda inginkan. Jadi, jika Anda benar-benar pecinta cincin mutiara asli Indonesia atau bahkan penjual, sepertinya tawaran ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Anda bisa menghubungi kami 24 jam penuh.
Terima kasih
hormat kami

Budi and Wiwik


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: