useful


Liga Inggris Resmi ke Aora TV
August 19, 2008, 9:34 am
Filed under: news of football

-Biaya Berlangganan Rp1,7 Juta per Tahun
-Sementara Hanya di 8 Kawasan
JAKARTA, TRIBUN–Gonjang ganjing mengenai kepastian hak siar pertandingan Liga Inggris di Indonesia akhirnya terjawab sudah. Pihak Aora TV mengumumkan kepastian hak siar Premiership musim ini bakal dilayani oleh perusahaan tv berlangganan yang baru beroperasi di Indonesia per 1 Agustus 2008 lalu. Aora TV sendiri ‘sukses’ menyalip Astro TV untuk memeroleh hak siar partai-partai dari liga yang kini dianggap paling bagus di dunia.
Kepastian resmi tentang berlabuhnya tayangan Barclays Premier League di Aora TV ditandai dengan ditandatanganinya Nota Kesepakatan antara All Asia Multimedia Network (AAMN), ESPN STAR Sports (ESS) dengan PT Karyamegah Adijaya (PTKA) di Jakarta, Senin (18/8).
Tayangan BPL secara eksklusif dapat disaksikan melalui saluran ESPN dan STAR Sports yang menjadi bagian dari paket baru 12 saluran Aora TV yang juga telah menayangkan Olimpiade Beijing 2008 secara eksklusif di empat saluran khusus.
Keputusan memberikan hak siar BPL kepada Aora TV ditetapkan setelah ESS menghubungi seluruh operator TV berlangganan di Indonesia untuk berpartisipasi menyampaikan ketertarikan mereka memperoleh hak siar BPL musim 2008/2009 dan setelah melalui pembahasan dengan beberapa pihak yang berminat.
ESS akan menayangkan 370 pertandingan dalam satu musim ini. Di luar pertandingan, ESS juga menyediakan tayangan preview, cuplikan mingguan dan sebuah paket program pendukung komprehensif yang diproduksi secara in-house.
“Benar sekali hak siar Liga Inggris jatuh ke Aora TV, mulai minggu kemarin Aora TV sudah mulai menyiarkan Liga Inggris,”ujar Yenny, Customer Care Aora TV kepada Persda Network, Senin (18/8) malam.
Mengenai coverage, untuk tahap awal hanya akan ada 8 kawasan di tanah air yang bisa menikmati jaringan tv berlangganan milik Rini M. Soemarno dan Ongki M. Soemarno ini.
Sementara ini, Liga Inggris dapat dinikmati dengan biaya langganan Rp 1,7 juta per tahun di 8 wilayah tersebut yakni Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Balikpapan, Denpasar dan Makassar.
Besarnya biaya berlangganan, kata Yenny, sejumlah Rp 1,7 juta untuk satu tahun sudah termasuk deposit Rp 200 ribu, dan pajak. Aora TV membebaskan biaya pemasangan. “Proses pemasangan maksimal tiga hari kerja, mulai pengajuan dokumen. Apa yang kami informasikan saat ini adalah benar adanya. Kami akan berusaha sebaik mungkin,”jamin Yenny.
Aora TV sendiri ada di bawah naungan PT Karyamegah Adijaya yang bergerak di bidang penyiaran televisi berlangganan nasional berbasis satelit dan telah memperoleh Izin Penyelenggaraan Penyiaran dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Komite Penyiaran Indonesia (KPI) pada akhir Juli 2008, setelah dinyatakan lulus evaluasi uji coba siaran.
Aora TV mengawali siaran komersialnya pada 1 Agustus 2008 dengan meluncurkan Paket Perdana Terbatas Olimpiade Beijing 2008. Hal ini dimungkinkan setelah PT Karyamegah Adijaya mendapatkan hak siar ekslusif Olimpiade Beijing 2008 untuk televisi berlangganan dari Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU), pemegang hak siar Olimpiade di Asia Pasifik.
Melalui 4 channel khusus (Arena 1 sampai Arena 4) dari 10 channel yang ada, pelanggan AORA dapat menyaksikan pesta olah raga dunia tersebut selama 20 – 24 jam setiap hari sampai penutupan Olimpiade 24 Agustus 2008. Berbagai cabang olah raga populer dan yang diikuti atlet-atlet Indonesia akan ditayangkan secara langsung maupun dalam bentuk siaran ulang. Setelah Olimpiade berakhir, Arena 1 sampai Arena 4 akan diganti dengan channel-channel menarik lainnya, beberapa di antaranya masih berorientasi olah raga.
Sementara menurut Rudi, seorang dealer Aora TV di kawasan Petamburan Jakarta, pihaknya sudah mulai kebanjiran konsumen yang meminta pemasangan antena Aora TV. “Sudah mulai banyak, dan mungkin dalam beberapa hari ke depan bakal melonjak banyak,”sebut Rudi.
Menjadi pelanggan Aora TV memang cukup mudah. Konsumen tinggal mendatangi dealer-dealer di 8 kawasan tersebut, mengisi aplikasi dan maksimal dalam 3 hari dipastikan sudah beroperasi dan dinikmati.
Jika tidak menemukan dealer Aora TV di sekitar tempat tinggal, konsumen juga bisa menelpon langsung ke nomor 0804 1 333 888 ataupun mendownload formulir pendaftaran dan mengirimnya via fax ke nomor 0804-1-123-123.
Aora TV sendiri per 2 September 2008 nanti akan terus meningkatkan jumlah channel yang bisa dinikmati konsumen. Tercatat, Aora TV bakal menyedeiakan 105 channel seperti Astro Aruna, HBO, HBO Signature, Cinemax, Star Movies, Celestial Movies, Astro TVIQ, Science Channel, Astro Oasis, Asian Food Channel, Disney Channel, ESPN, Star Sports, Golf Channel, Deutsche Welle sampai NHK World Premium dan seluruh televisi lokal kecuali RCTI. (persda network)

Pindah Nama atau Izin Berhenti Sementara
BAGI pelanggan ASTRO, tentu kekecewaan tengah bergelayut, terutama bagi mereka yang baru berlangganan di awal tahun 2008 dan belum mencapai angka satu tahun. Pasalnya, jika hendak memangkas berlangganan sebelum masa satu tahun, konsumen bakal mendapat denda Rp500 ribu. “Itu sudah ketentuan dan kami tidak bisa mengoreksi itu, kami memiliki solusi bisa saja konsumen memindahkan atas nama orang lain saja,”ucapTeddy, customer relation ASTRO, kepada Persda Network, Senin (18/8) malam.
Namun di sisi lain, konsumen juga bisa ‘mengakali’ ketentuan ASTRO tersebut. Pasalnya, konsumen bisa meminta penghentian sementara berlangganan ASTRO selama tiga bulan dengan cara mengajukan surat permohonaan secara tertulis ke pihak ASTRO TV. Dalam jangka waktu itu, proses pembayaran dihentikan dan konsumen bisa mengaplikasi berlangganan Aora TV. Nah, setelah tiga bulan, konsumen bisa menikmati masa sebulan ASTRO, dan kemudian meminta penghentian sementara seperti langkah sebelumnya. “Begitu seterusnya sampai masa waktu satu tahun terlampaui, dan jika sudah bisa saja konsumen meminta penghentian permanen dari ASTRO,”imbuh Teddy. (persda network/bud)


4 Comments so far
Leave a comment

tetep aje harus pake tv cabel..
lom bisa pake antene pf goceng, bro..
hehe

Comment by savetheforest

di jak-tom dmn?

Comment by tole

kapan utk diadakan bayar prbulan

Comment by tole

Dengan Berhentinya siaran astro tv , apakah chanel2 astro seperti Asto awani, astro expresi, astro oasis, dll akan berpindah ke Aora(akronim Astro Nusantara).

Mohon kejelasan dari pihak pihak terkait. Karena menurut saya Aora Tv tidak akan mampu bersaing bila hanya mengandalkan 12 channel saja(3 channel lokal). Kalah jauh bila dibanding Indovision, Telkomvision,dll yg memiliki sekitar 30 channel lebih dalam paket standarnya.

Kritik saya mudah mudahan Aora TV cepet menambah channelnya , tidak perlu menunggu untuk pindah satelit dulu ke measat 3, karena kalau nggak bisa2 cepat gulung tikar seperti saudaranya Astro

Comment by Manutd Fan




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: