useful


Jakeline Renteria: Medali untuk Angkat Kemiskinan
August 20, 2008, 8:21 am
Filed under: news of sport style

BANYAK atlet yang berlaga di Olimpiade Beijing 2008 berasal dari kalangan miskin dan negara yang berkategori miskin. Satu di antaranya adalah pegulat asal Kolombia, Jakeline Renteria. Ia memang berasal dari negara yang kurang mampu dan keluarga yang berlevel miskin. Ekspektasinya terhadap Beijing 2008 begitu besar, tak heran jika ia berjuang keras untuk meraih medali. Harapannya hanya satu, medali yang ia dapat bisa membantu keluarganya keluar dari kemiskinan yang selalu menghantui setiap hari.
Harapan tinggi itupun menjadi kenyataan. Ia mampu meraih medali perunggu di cabang gulat kelas 55 kg. Atlet berusia 22 tahun ini pun gembira bukan kepalang dan medali yang ia raih diperuntukkan bagi keluarganya.
Menurut Xinhua, Selasa (19/8), Jakeline Renteria memang berasal dari sebuah kawasan miskin dan kumuh kota Cali di Kolombia. “Aku berharap medali ini bisa mengentaskan keluargaku dari sana, paling tidak mereka bakal memeroleh kehidupan yang lebih layak,”tutur sosok pendiam ini. Ia pun bercita-cita untuk memindahkan keluarganya dari Cali dan menuju kota San Fernando, sebuah daerah yang lebih layak.
Jakeline Renteria sukses meraih perunggu setelah menumbangkan pegulat Rumania Ana Paval. “Selain keluarga, aku juga ingin mendedikasikan medali in untuk temanku, Rodrigo Antonio Piedrahita, juara gulat Amerika Selatan yang meninggal pada November 2007 lalu akibat tembakan misterius yang sampai ini tak tahu kelanjutan kasusnya,”ucap Renteria, yang berharap mendapat hadiah 55 ribu dolar AS dari pemerintah Kolombia, sama seperti yang diberikan pemerintah pada peraih medali perak Diego Salazar.  (persda network/bud)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: