useful


Ricardo Quaresma: Quicky Dancer
September 14, 2008, 9:00 am
Filed under: news of football

PEMAIN ini tengah menapaki kebangkitan kedua alias second wind. Setelah terpuruk kala berseragam Barcelona, ia rela kembali ke tanah kelahirannya demi merancang sebuah masa depan baru. Meski harus masuk ke sarang rival klubnya dulu, namun itu tidak menjadi masalah bagi seorang Ricardo Quaresma. Hasilnya, kini ia menjadi pemain yang paling menarik untuk ditunggu penampilannya di atas lapangan hijau. Internazionale Milan yang mentrasfernya sebesar 24,6 juta euro ditambah satu gelandang, bakal merasakan keandalan pemain yang memiliki postur ideal ini.
Penampilan Quaresma dalam dua tahun terakhir di Porto memang sudah menjadi buah bibir. Akibatnya, kala menangani Internazionale, pelatih Jose Mourinho pun memaksa Presiden Massimo Moratti untuk mempertaruhkan reputasinya guna menarik bintang berusia 24 tahun itu. Alasannya: ia dianggap pemain yang sangat komplet dan bakal memberi warna baru di sepakbola Italia, khususnya di Serie A yang tenggelam oleh gemerlap Premiership dan La Liga.
Kehadiran pemain bernama lengkap Ricardo Andrade Quaresma Bernardo ini ke Serie A memang bakal menyita banyak perhatian. Tidak hanya karena transfernya yang menjadikan ia pemain termahal di Serie A tahun ini, tapi juga warna baru yang akan ia sodorkan.
Dia adalah seorang pemain yang memiliki tipikal sayap murni. Tak heran jika aksinya di jalur ‘luar’ lapangan hijau bakal memberikan tontonan tersendiri. Gocekan khas samba Portugal ditambah kecepatan dan keseimbangan tinggi bakal menjadi pertunjukan seorang Quaresma. San Siro pun beruntung menyaksikan laga mantan personel Barcelona dan Sporting Lisbon tersebut.
“Dia pemain yang bakaal memberikan sesuatu yang langka, dia sangat komplet, pandai mencari dan membuka ruang, dan yang jelas dia akan membuat repot barisan pertahanan lawan. Terlebih dia masuk dalam kerangka permainanku yang memang terus menyerang dan bermain agresif,”sebut pelatih Internazionale, Jose Mourinho yang menjadi orang paling ngotot untuk mendatangkan winger timnas Portugal tersebut.
Skill yang akan ia pertontonkan juga memiliki selera tinggi. Gerakannya yang tak mudah ditebak dijamin bakal membuat lawannya khawatir, dia pun memiliki kekuatanfisik, keseimbangan, umpan dengan presisi tinggi dan memiliki kemampuan khusus dalam menembak dengan menggunakan teknik bagian luar kakinya.
Tidak hanya itu, ia pun bakal semakin sering menyisir pinggir lapangan dengan gocekan maut berkat kekuatan dan kelenturan kakinya. Tak heran jika belum apa-apa ia pun sudah dilabeli sebagai The Quicky Dacer, alias penari supercepat di lapangan hijau. “Julukan yang sangat tepat, sesuai dengan kualitas sang pemain,”tegas Jesualdo Ferreira, mantan pelatihnya di FC Porto.
Seniornya di timnas dan klub, Luis Figo pun menyambut gembira kedatangan Quaresma. “Dia bakal menjadi elemen penting di tim ini, pergerakannya bakal memudahkan pemain lain, dan yang penting fisik serta mentalnya sudah terbukti. Pengalaman di Barcelona pasti sudah memberinya pelajaran berharga kala berada di luar negeri,”tegas Figo, yang memang pernah bersama Quaresma di Spanyol.
Striker andalan Internazionale, Zlatan Ibrahimovic pun mengaku senang dengan kehadiran Quaresma. Ia menganggap pemuda kelahiran 26 September itu memiliki kesamaan berpikir ‘liar’ dalam bermain sepakbola. “Sepanjang yang kulihat di video, umpan-umpannya sangat liar dan kalau aku sudah memiliki feeling yang sama, pastilah bola-bola darinya sangat enak untuk kumakan,”ujar Ibra.
Di sisi lain Ricardo Quaresma mengaku tidak terbebani dengan nilai transfer dan ekspektasi tinggi dari para pecinta sepakbola Italia dan suporter Nerazurri. “Aku ingin menghadapinya dengan tenang, semua pujian membuatku bangga, tapi aku ingin membuktikannya di lapangan, itu saja yang harus kulakukan untuk menghormati semua orang yang telah membuatku bersemangat,”tegas Quaresma.  (persda network/bud)

Nama: Ricardo Andrade Quaresma Bernardo
Lahir: Lisbon, 26 September 1983
Tinggi: 173 cm
Karir Klub:
Tahun        Klub            Tampil/gol
2001-2003        Sporting CP        59/8
2003-2004        FC Barcelona    22/1
2004-2008        Porto            114/28
2008-         Internazionale
2003-         Timnas Portugal     23/3

Penghargaan dan Prestasi:

-Piala Eropa U-17 (2000)
-Piala Intercontinental (2004)
-Juara Liga Portugal (2001/02, 2005/06, 2006/07, 2007/08)
-Juara Piala Portugal (2001/02, 2005/06)
-Juara Piala Super Portugal (2002, 2004, 2006)
-Pemain Terbaik Portugal (2005, 2006)
-Bola emas Portugal (2007)


Realitas Mimpi

BAGAIMANA rasanya jika impian yang sejak lama diidamkan datang begitu saja?tentu perasaan gembira dan suka cita bakal membuncah. Itulah yang kini dirasakan Ricardo Quaresma. Ia mengaku senang dan bahagia bisa bergabung bareng skuad Internazionale. Bagi winger Portugal ini, bermain di San Siro ibarat sebuah mimpi yang jadi kenyataan.
Pemain berusia 25 tahun ini berhasil diboyong Inter dari Porto pada hari penutupan jendela transfer tanggal 1 September kemarin. Bagi Quaresma, ini adalah kesempatan kedua dia bermain di luar negeri, setelah bersama Barcelona pada musim 2003-2004 lalu.
“Berada di Inter adalah sebuah impian yang jadi kenyataan, ini adalah realitas mimpiku, karena dari dulu keinginanku adalah bermain di sebuah klub besar bersama pemain-pemain hebat,”ungkap Quaresma sepeti dirilis situs resmi Inter.
Perpindahannya ke Inter sempat terkatung-katung lantaran Porto tak mau menurunkan harga jualnya di bawah angka 30 juta euro. Namun kedua klub akhirnya bersepakat setelah Inter setuju membayar transfer sebesar 24,6 juta euro ditambah gelandang Vitor Pele.
“Kini aku sudah menjejakkan kakiku di San Siro, dan bersama Mourinho aku percaya semuanya bisa berjalan sesuai rencana dan aku bisa menggapai apa yang kuinginkan di sini, gelar dan prestasi,”tegas Quaresma.  (persda network/bud)

New Harry Potter
BEJIBUN julukan sempat disematkan pada diri Ricardo Quaresma berkat penampilan ciamiknya di atas lapangan hijau. Selain Quicky Dancer, ia juga masih menyandang cap sebagai Harry Potter-nya sepakbola.
Sematan tokoh tukang sihir rekaan JK Rowling tersebut sebenarnya sudah lama berada di antara namanya. Namun sejak prestasinya meredup bersama Barcelona, gelar tersebut seperti lenyap begitu saja. Pasca penampilan hebat di Porto, ia pun kini kembaki dipercaya fans Portugal sebagai New Harry Potter.
Suporter FC Porto-lah yang pertama mengumandangkan kembalinya si anak hilang tersebut. “Dia pantas mendapat gelar itu, karena selama ini dia telah mempertontonkan kualitas sepakbola yang luar biasa, para fans merasa terhibur dan dia tidak pernah sepi dengan ambisi memeroleh gelar juara,”tutur pelatih FC Porto, Jesualdo Ferreira.
Quaresma pun yakin sentuhan ajaib melalui kedua kakinya bakal menyihir publik sepakbola dunia kembali. “Aku selalu bernafsu untuk memberikan yang terbaik, hanya cedera yang bisa menghambat semua ini, di Porto aku sudah membuktikan itu, dan kini tanah Italia bakal menjadi pembuktianku berikutnya,”ujarnya.  (persda network/bud)

Lebih Lengkap Dibanding CR7

NAMA Ricardo Quaresma sejatinya menjadi nama pertama generasi emas pasca Luis Figo dkk yang diandalkan publik Portugal untuk membawa tongkat estafet. Namun aral selalu menghalanginya. Pun tatkala ditransfer Barcelona di musim 2003-2004 lalu. Meski digadang-gadang bakl menjadi bintang di Camp Nou, namun malah hasil jeblok dan cedera parah yang didapatinya. Alhasil, ia pun tenggelam begitu nama “juniornya” Cristiano Ronaldo meroket.
Namun inilah pengakuan mengejutkan dari fans klub Porto: Quaresma lebih lengkap daripada seorang Cristiano Ronaldo!. Hanya nasib yang membuatnya tergusur dari percaturan sepakbola dunia. Menurut para fans, sepertidikutip situs Porto, kemampuan Quaresma sesungguhnya lebih lengkap. Passing, tembakan keras khas, presisi, kecepatan, daya jelajah, imajinasi permainan, bisa dimainkan di all position dan sanggup untuk menjadi seorang bek!. Tidak hanya itu, ia pun dianggap memiliki kedewasaan lebih dibanding CR7 diusianya yang hanya berselisih satu tahun dengan Ronaldo.
“Dia tak suka publikasi, di lapangan dia hanya ingin bekerja dan menunjukkan yang terbaik, di luar itu ia sudah tak macam-macam lagi meski gejolak mudanya masih kentara namun hanya ia salurkan di lapangan saja, dia sosok yang penting dalam kerangka tim, bukan hanya skill namun juga sikapnya,”tutur Pinto da Costa, sang CEO FC Porto.  (persda network/bud)

Ambisi Piala Dunia

ERA emas Luis Figo, Nuno Gomez maupun Deco diprediksi bakal segera berakhir. Tinggallah nama-nama suksesor mereka seperti Quaresma,Cristiano Ronaldo, Pepe sampai Nani yang bakal mendominasi seragam timnas Portugal dalam media 2 tahun mendatang.
Bagi Quaresma, kebangkitannya tahun ini dirasakan menjadi momen yang sangat tepat untuk memberi sumbangsih maksimal ke dalam timnas Portugal. Yup, ia ingin memberi gelar Piala Dunia 2010 di Afsel. Usianya yang tahun depan baru menginjak 25 tahun, menjadi kerangka acuan penampilan puncaknya.
“Aku sudah tak sabar untuk ke sana, semua tim dan masyarakat Portugal sangat yakin kami bisa lolos dari babak kualifikasi dan berjuang di Afsel, dengan satu tekad tentunya menjadi juara,”tegas Quaresma.
Meski masih memiliki kesempatan di ajang Piala Dunia 2014, namun tetap saja Quaresma mengaku 2010 adalah tahun paling cocok bagi timnas Portugal untuk memberi hadiah istimewa bagi masyarakat. Pelatih anyar Portugal, Carlos Quieroz pun menjadi satu tempat di lini tengah bakal menjadi Quaresma sepanjang penampilannya stabil di liga Italia bersama Internazionale.  “Dia pemain hebat, hanya pelatih kurang pelajaran yang tak memainkannya di kerangka tim,”ucap mantan asisten Sir Alex Ferguson ini.  (persda network/bud)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: