useful


Nuria Bermudez: Paksa Suami Belajar Budaya Turki
September 22, 2008, 11:18 am
Filed under: news of sport style

DIMANA bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Pepatah itu mungkin merasuk dalam diri Nuria Bermudez kala memastikan dirinya berada di lingkungan baru. Jika sebelumnya ia berada di Spanyol, kini ia pun harus mengikuti sang suami, Daniel Guiza ke Turki, sebuah negara yang berbeda 180 derajad dari budaya Eropa Barat.
Tidak ingin berlama-lama dengan kesulitan, Nuria pun berinisiatif untuk secepatnya beradaptasi. Namun, bukan dirinya sendiri yang lebih dulu dipaksa untuk beradaptasi, tapi malah Dani Guiza, sang suamilah, yang pertama kali dipaksa untuk belajar budaya Turki.
Guiza yang kini berkostum Fenerbahce memang mengaku sudah mulai betah dengan kultur yang ada di Turki. Selain gairah penonton sepakbola yang melebihi Spanyol meski miskin publikasi, ia pun sudah mulai merasa nyaman, apalagi kalau bukan karena paksaan sang istri, Nuria Bermudez.
“Aku memang menuntutnya untuk mengenal budaya, karena dengan itu ia bakal lebih mudah beradaptasi, pasalnya aku yakin suamiku bakal lebih bersinar di Turki, ini langkah awal dan mendasar kenapa aku memilih Fenerbahce sebagai tempat berlabuh berikutnya bagi suamiku,”ucap Nuria, yang juga agen bagi striker timnas Spanyol tersebut, seperti dilansir El Mundo, Rabu (17/9).
Dani Guiza, bersama pelatih Luis Aragones, pun dikabarkan sudah mulai belajar memahami lafal dasar bahasa Turki, tentu dengan bantuan Roberto Carlos. Tidak hanya bahasa, namun kebiasaan dan budaya lain terutama di sisi seni pun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Guiza.
Tak heran jika penyerang berusia 28 tahun tersebut sudah mulai tahu tentang beberapa seniman besar Turki seperti Namik Kemal, Tevfik Fikret, Yakup Kadri Karaosmanoglu, Ahmet Hasim dan Yahya Kemal Beyatli. Bahkan Nuria dan Dani Guiza sudah hafal di luar kepala semboyan Turki Yurtta Sulh, Cihanda Sulh, yang memiliki arti Damai Negaraku, Damai Duniaku.
“Ternyata Turki benar-benar unik, semuanya campuran antara Asia dan Eropa, sebuah tempat yang sangat hangat, beruntung aku memilih negara ini untuk karir suamiku, sebelum mungkin hengkang lagi ke Eropa Barat,”imbuh Nuria.  (persda network/bud)

Ejek Real Madrid
SEBELUM memutuskan untuk hengkang ke Fenerbahce, banyak klub yang mengincar Dani Guiza usai Euro 2008. Mulai dari Real Madrid sampai AC Milan berlomba untuk mendapat tanda tangan pria kelahiran 17 Agustus tersebut. Namun keputusan aneh diambil sang istri, Nuria Bermudez, yang lebih memilih menerima pinangan Fenerbahce. Ia pun membuka rahasia kalau ternyata nyaris sang suami masuk ke daftar pemain Les Merengues. Sayang ada sedikit ‘aib’ yang terkuak di saat terakhir yang membuat Nuria berbalik arah dan memilih hengkang dari klub ibu kota tersebut.
Ia pun terang-terangan mengejek Real Madrid, yang disebutnya sama sekali tidak menghargai pemain, yang ada hanya kekuatan uang. “Real Madrid hanya menyukai bintang dan tak pernah membeli mereka dengan sepenuh hati, mereka hanya menyiapkan cara bagaimana pembelian 50 juta euro bisa mendatangkan 100 juta euro,”kilah Nuria.
Sebab itulah yang membuat ibu dari Daniel ini lebih memilih Fenerbahce, sebuah klub yang dianggapnya sangat tepat bagi karakter sang suami. “Mereka lebih memberi ruang dan tidak melulu ke sektor bisnis, kenyamanan lebih penting daripada sekedar uang besar,”cetus Nuria.  (persda network/bud)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: