useful


Lorena Ochoa: Belajar dari Ecothon dan Marathon
October 13, 2008, 10:31 am
Filed under: news of sport style

BANYAK atlet yang memiliki gaya inspirasi tersendiri sebelum berada di tempat yang memberinya ketenaran dan rasa nyaman. Pegolf Lorena Ochoa menjadi satu di antara atlet yang patut ‘berterima kasih’ pada olahraga yang terlebih dulu ia geluti, sebelum menjadi seorang pegolf papan atas dunia.
Cewek yang kini berada di peringkat teratas daftar LPGA Tour ini mengaku banyak belejar dari beberapa olahraga yang ia tekuni sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia pro golf pada tahun 2002. Banyak hal yang mendasari dan kini menjadi semacam kunci sukses bagi Ochoa, yang datang dari olahraga lain yang notabene malah belum memunculkan namanya di khalayak ramai dunia.
Seperti dikutip dari golfnews, Minggu (12/10), cewek berusia 27 tahun ini mengaku olahraga marathon dan ecothon menjadi modal penting dalam berkarir di cabang golf yang memiliki kompetisi ketat, apalagi di bagian golf putri dunia.
Marathon dan ecothon jelas memiliki banyak kesamaan meski berbeda dalam lingkup teknis. Jika marathon hanya sekedar berlari, tidak dengan ecothon. Ecothon adalah olahraga yang memadukan antara balap sepeda gunung, trekking, renang, kayak dan rappelling. Intinya, olahraga ini dilakukan di alam luar yang berhubungan langsung dengan kawasan konservasi alam.
Tak heran jika dua olahraga tersebut membutuhkan stamina, konsentrasi, kemampuan mengatur ritme permainan, mamanage dengan baik emosi, sabar dan jeli melihat kemampuan dan kelemahan lawan sebelum melakukan penyerangan dengan senjata andalan.
“Ecothon dan marathon tak hanya mengasah fisik namun juga menguji mentalku, sesuatu yang sangat berguna tatkala aku berada di persaingan ketat golf putri dunia, kini aku bisa merasakan manfaat itu semua tatkala aku berada di rumput hijau golf dengan deretan para pegolf handal dunia di level premier LPGA,”sebut Ochoa.
Wanita cantik yang lahir pada 15 November ini mengaku, dua olahraga tersebut paling berpengaruh pada tingkat stamina dan konsentrasi sepanjang pertandingan. Apalagi sudah menjadi rahasia umum jika golf harus memadukan antara intelejensia dan taktik, yang notabene kembali pada stamina yang prima. Ia mengaku, pengaturan stamina dan konsentrasi yang diperoleh dari ecothon dan marathon sangat berarti kala berada di drive range atau fairway alias ruang tembak ke hole.
“Jika aku sudah memasuki area penting itu, satu hal yang selalu kuingat adalah gayaku saat aku melahap dua olahraga itu, jadi aku bisa selalu berkonsentrasi dan meraih hasil terbaik,”sebut Ochoa.  Kini, saat mengarungi LPGA Tour di kelas Premier, Ochoa jelas membutuhkan ilmu dari dua jenis olahraga terdahulunya itu. (persda network/bud)

Atlet Serba Bisa

“KADANG kala aku bertanya pada diriku sendiri kenapa aku menyukai golf di saat banyak sekali olahraga di luaran sana yang aku sukai, tapi menurutku kalau golf itu sangat kompleks. Golf membuatku merasa selalu tertantang dan aku suka tantangan yang membuat diriku merasa tak pernah berhenti,”.
Itulah deretan ungkapan yang ditulis Lorena Ochoa di situs pribadinya belum lama ini. Ia sadar, golf sudah menjadi pilihan meski sebenarnya di dalam hati terdalam masih ingin mencoba jenis olahraga lain. Sudah bukan rahasia lagi kalau sebelum meniti karir di dunia golf profesional, ia sudah menjadi atlet di pelbagai nomor.
Tidak hanya ecothon dan marathon saja, cewek asli kota Guadalajara Meksiko ini juga pernah menjadi atlet ternama cabang lari sprint di rentang 1992-1996 dalam nomor estafet 100 dan 400 meter, nomor individu 800 meter dan 400 meter.
Selain itu, taltenta olahraganya juga pernah membawa gadis berambut panjang ini mejadi jawara turnamen bolavoli dan basket tingkat college dalam rentang 1995-1997.
“Aku selalu bernafsu mencicipi dan berprestasi, tapi sepertinya kini aku lebih baik berkonsentrasi di golf, sesuatu yang sudah memberiku banyak hal mulai teman, sobat baru, suasana kompetisi luar biasa sampai ketenaran,”ungkap Ochoa.  (persda network/bud)

Golf Laksana Coklat
ADA satu rahasia lagi yang membuat Lorena Ochoa tampak enjoy menikmati setiap laga yang ia hadapi. Seperti dikutip website pribadi, golf bagi cewek berpostur 169 cm ini bagaikan tengah menikmati kue kesukaan, coklat.
“Kalau aku makan coklat, semuanya seperti berjalan apa adanya, aku bisa berimajinasi positif dan menyalurkan energi, tentu juga karena coklat itu sumber energi, itu saja,”ujarnya.
Tak heran jika Ochoa mengaku kalau dirinya kadang ‘belepotan’ saat bertanding. Namun itu hanya saat ia ‘memakan coklat’ itu, pada akhirnya ia mampu menuntaskan kenikmatan itu dengan bersih. “Ibarat makan coklat, mulutku ada bercak coklat di mana-mana, usai pertandingan aku berkeyakinan kalau aku bisa menuntaskan dengan bersih alias meraih kemenangan,”jelas Ochoa.  (persda network/bud)

Pendapatan Tertinggi

MENJADI pegolf putri nomor satu dunia tentu berimbas pada jumlah pendapatan yang ia terima. Sepanjang tahun 2008 ini, Lorena Ochoa mampu memposisikan dirinya di tangga teratas pengumpul hadiah tertinggi di antara para peserta di level LPGA Premier.
Ia mampu mengumpulkan total hadiah sebesar 2,655 juta dolar AS atau lebih dari Rp23,895 miliar. Pegolf Meksiko ini mengalahkan Paula Creamer (Rp15,678 miliar), Annika Sorenstam (Rp14,445 miliar), Yani tseng (Rp13,23 miliar) dan Inbee Park (Rp9,99 miliar).  (persda network/bud)

Daftar Pegolf Putri Berpenghasilan Tertinggi 2008
1    Lorena Ochoa    $2,655,111.00
2    Paula Creamer    $1,742,733.00
3    Annika Sorenstam    $1,605,186.00
4    Yani Tseng        $1,470,512.00
5    Inbee Park        $1,110,206.00
6    Helen Alfredsson    $1,109,504.00
7    Seon Hwa Lee    $1,097,178.00
8    Cristie Kerr        $1,038,585.00
9    Na Yeon Choi    $1,013,601.00
10    Suzann Pettersen    $957,034.00


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: