useful


Annika Sorenstam: Keju dan Beasiswa Rp5 Miliar
October 14, 2008, 10:59 am
Filed under: news of sport style

SESEORANG menjadi besar karena orang lain. Filosofis itulah yang sampai sekarang menjadi pegangan bagi seorang Annika Sorenstam. Pegolf putri papan atas dunia ini sadar kalau dirinya tak kan bisa mencapai titik tenar dan prestasi tinggi tanpa bantuan orang lain. Karena itulah ia sadar, kini saatnyalah untuk memberi jalan bagi orang lain yang berpotensi.
“Aku selalu sadar tentang hal itu, itu pula yang membuatku selalu berpikir dan bekerja keras untuk suatu saat bisa memberi yang lebih pada orang lain yang memang membutuhkan, sama sepertiku dulu sebelum mencapai titik ini,”ungkap Sorenstam, seperti dirilis USA Weekend, Senin (13/10).
Sebagai realisasi bentuk filosofis yang selalu ia pegang, akhir minggu lalu melalui The Annika Sorenstam Golf Scholarship, pegolf berusia 38 tahun ini memberikan beasiswa pada 10 orang pegolf muda yang memiliki potensi luar biasa, namun secara finansial mereka kekurangan biaya untuk melanjutkan pendidikan ke level lebih tinggi, pada umumnya di level college.
Tidak tanggung-tanggung, ia menyisihkan dana sekitar 550 ribu dolar AS atau sekitar Rp5 miliar untuk membuat harapan ke-10 pegolf junior AS itu menjadi sebuah kenyataan. “Pendidikan dan karir bagiku sesuatu yang harus berjalan seiring, itu sebuah gaya hidup yang tak bisa ditinggalkan, seorang olahragawan tak selalu harus memiliki kekuatan fisik, tapi perlu juga faktor lain, yaitu pendidikan,”sebut Sorenstam.
Mantan pegolf putri nomor satu dunia ini menyebut kalau beasiswa yang ia berikan laksana keju bagi masyarakat AS. Jika tak segera dimanfaatkan dengan baik, hal itu akan basi. “Keju itu enak, tapi kalau tak segera dimakan tak ada gunanya, karena itu aku ingin beasiswa ini benar-benar digunakan sesuai yang mereka butuhkan, selanjutnya kalau mereka sudah berhasil, langkah sepertiku harus ditiru, mereka harus mengangkat orang lain juga,”ujar istri dari Mike McGee ini.
Tidak hanya sekedar di AS saja, Annika Sorenstam berkeinginan untuk memberikan lebih banyak manfaat ke semua wilayah di dunia. Melalui lembaga nirlaba yang ia bentuk, keyakinan itu menjadi senjata tersendiri. “Aku ingin melebarkan sayap, semoga saja tahun depan wilayah Eropa bisa aku jamah,”tegas pegolf yang turun di kancah profesional pada tahun 1992.  (persda network/bud)

Atlet Paling Peduli se-AS
KEPEDULIAN seorang Annika Sorenstam terhadap lingkungannya sudah bukan rahasia lagi. Selain mendirikan The Annika Sorenstam Golf Scholarship yang mengkhususkan diri pada pemberian beasiswa terhadap atlet golf potensional, cewek asli Swedia ini juga rajin membeir sumbangan pada beberapa rumah sakit khusus anak, memberi beasiswa di tingkat sekolah menengah dan mengkampanyekan proyek ‘saling berkunjung antarsesama masyarakat’ di AS.
Hasil usaha tersebut mendapat apresiasi luar biasa dari kalangan AS. Ini ditandai dengan pemberian gelar sebagai Atlet Paling Peduli se-AS tahun 2008 atau 2008 Most Caring Athletes, via majalah kenamaan negeri Pamans Sam, USA Weekend. Ia meraih gelar tersebut bersama Eli Manning, seorang atlet American Football asal klub New York Giants.
Prosesi pemberian penghargaan dilakukan akhir minggu lalu, sekaligus memberikan tempat istimewa bagi keduanya untuk menjadi cover majalah. “Aku sungguh bahagia, aku tak pernah mengharapkan ini, tapi ini makin membuatku dan Manning tertantang guna meraih hasil yang lebih baik tahun depan,”ungkap Sorenstam. (persda network/bud)

Mundur Tahun Ini
MESKI prestasinya masih berada di puncak, namun Annika Sorenstam sudah memikirkan untuk mengundurkan diri. Kabar mengejutkan pun datang dari pegolf yang sangat menyukai seafood dan keju ini. Ia berencana mengundurkan diri tahun ini, tepatnya usai Dubai Masters di bulan November 2008 mendatang.
“Aku memang belum selesai mengabdikan diri pada dunia golf, tapi sepertinya aku juga harus memberikan kesempatan pada generasi muda untuk berkompetisi, tenagaku sudah tak sehebat kala aku berusia 28 tahun, jadi cukup mengikuti 2 atau 3 turnamen saja sudah cukup bagiku, itupun sekedar untuk rileksasi,”ujar Annika Sorenstam.
Di turnamen bergengsi terakhir yang akan ia ikuti tersebut, sekaligus agenda LPGA Tour, Sorenstam sudah memastikan akan berusaha meraih kemenangan dengan rekor pukulan paling sedikit. “Aku serius menghadapi seri itu, kini aku hanya bisa berlatih dan terus berlatih, aku tak ingin kecewa dalam partai besar terakhirku di lintasan golf,”tegas Annika Sorenstam, memberi ancaman pada para pegolf muda dunia.  (persda network/bud)

Konsultan Lapangan Golf
APA yang akan dilakukan sosok cantik Annika Sorenstam usai memutuskan ‘mundur’ dari hingar bingar LPGA Tour?ternyata tidak jauh-jauh dari dunia golf juga. Ia memutuskan bersama sang suami untuk menjadi konsultan pembangunan lapangan golf. Melalui brand perusahaan ANNIKA, peraih 72 gelar LPGA Tour dan 10 Major ini sudah mulai menancapkan kukunya. Tercatat Senzhen Golf Course&Club, RiverTowne Country Club di Mount Pleasant, South Carolina, Golf Club&Resort di California serta beberapa lagi lapangan golf di kawasan Asia sudah berada di genggaman ANNIKA.
“Aku tidak ikut LPGA Tour lagi, meski aku tetap ikut beberapa tur lainnya. Sembari itu, aku sudah mulai berbisnis di lapangan golf, dan bersyukur semuanya bisa berjalan lancar,”kata Annika Sorenstam.  (persda network/bud)

Prestasi:
# 8 Rolex Player of the Year Awards: 1995, 1997, 1998, 2001, 2002, 2003, 2004 dan 2005
# World Golf Hall of Fame (2003)
# Skor terbaik di LPGA Tour: 1995, 1996, 1998, 2001, 2002 and 2005
# 1993 WPGET Rookie of the Year
# 1994 Rolex Rookie of the Year
# 2003 Patty Berg Award
# 8 Pemain Golf Putri Terbaik AS tahun 1995, 1997, 2000, 2001, 2002, 2003, 2004 dan 2005
# Pemain Terbaik Eropa 2004 dan 2005
# 3 Associated Press Female Athlete of the Year awards: 2003, 2004 and 2005
* Juara LPGA McDonald’s 2003, 2004, 2005
* Turnamen AS Terbuka level Putri 1995, 1996, 2006
* Weetabix Women’s British Open: 2003
* Juara Kraft Nabisco 2001, 2002, 2005

Gelar LPGA TOur:
SBS Open, Stanford International Pro-Am, Michelob Ultra Open at Kingsmill, Dubai Ladies Masters, MasterCard Classic, U.S. Women’s Open, State Farm Classic, Dubai Ladies Masters, MasterCard Classic, Safeway International, Kraft Nabisco Championship, Chick-fil-A Championship, Shoprite Classic, McDonald’s LPGA Championship, John Q. Hammons Hotel Classic, Samsung World Championship, Mizuno Classic, ADT Championship, Safeway International, Office Depot Championship, LPGA Corning Classic, McDonald’s LPGA Championship, John Q. Hammons Hotel Classic, Samsung World Championship of Golf, Mizuno Classic, ADT Championship
Takefuji Classic, Kraft Nabisco Championship, Electrolux Championship, Kellogg’s Classic, Evian Masters, ShopRite Classic, Williams Championship, Safeway Classic, Samsung World Championship of Golf, Mizuno Classic, ADT Championship, Welch’s/Circle K Championship, Standard Register Classic, Kraft Nabisco Championship, Office Depot Championship, Chick-fil-A Championship, BMO Canadian Women’s Open, Cisco World Match Play Championship, Mizuno Classic


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: