useful


Mark Iuliano: Konsumsi Narkoba Sejak di Mallorca
October 22, 2008, 11:59 am
Filed under: news of sport style

SATU gaya hidup para pesepakbola yang sudah lazim dikenal luas adalah minuman keras dan konsumsi obat-obatan terlarang. Ini juga yang menimpa mantan bek timnas Italia, Mark Iuliano. Seperti dirilis AP, Senin (20/10), pesepakbola yang kini berusia 35 tahun ini terang-terangan mengaku kalau dirinya adalah seorang pecandu narkoba.
Bahkan konsumsi obat yang dianggapnya bisa menenangkan diri itu sudah dilakukan Iuliano sejak dirinya bermain di klub Spanyol, Real Mallorca. Di tim tersebut, Iuliano memiliki banyak teman yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang, dan ini membuat dirinya terus tergoda masuk ke jurang nestapa.
“Di Spanyol sangat banyak pemain terkenal yang menggunakan narkoba pelbagia jenis dan level, pada umumnya mereka memiliki kelompok sendiri, dan sialnya aku harus ikut di dalamnya, padahal aku sudah berjanji sebelumnya untuk tidak mengkonsumsi barang haram tersebut,”jelas Iuliano.
Penyebab dirinya terjerembab ke barang yang sangat menyedot kasnya itu tak lain gara-gara dirinya terdepak dari skuad tim utama Juventus. Memang, setelah membela La Vecchia Signora sekitar 9 tahun, ia pun harus rela tergusur dan ‘dilempar’ ke Mallorca tahun 2005 lalu. Sejak saat itu, ia mengaku stres dan menjalani gaya hidup sebagai konsumen narkoba. Dalam sebulan Iuliano menyebut, dirinya bisa menghabiskan uang lebih dari 10 ribu euro atau sekitar Rp155 juta hanya untuk membebaskan dirinya dari rasa putus asa tertendang dari skuad Juventus.
Beruntung selama dua tahun dirinya tak pernah tertangkap pihak berwajib. Tak heran jika selama di Sampdoria dan Messina, ia masih bisa bebas mengkonsumsi narkoba. Tapi tetap saja sepandai-pandainya tupai melompat, suatu saat pasti akan terpeleset juga, Iuliano pun terkena batunya tatkala berkostum klub Ravenna.
Di klub Serie B itu, bek setinggi 191 cm ini terbukti positif setelah gagal uji tes doping. Alhasil Komite Olimpiade Italia (CONI) menjatuhi hukuman 2 tahun. “Aku menyesal, sejak saat itu aku fokus pada peningkatan fisik dan berupaya menjadi pemain yang menjadi teladan pemain muda di Ravenna,”sebut Iuliano.
Beruntung lagi, masa hukuman Iuliano terkait pemakaian kokain dikurangi dari dua tahun menjadi 22 bulan. CONI akhirnya mengurangi larangan bermain terhadap Iuliano karena Iuliano dianggap menggunakan obat terlarang tidak untuk meningkatkan permainannya. “Semoga aku masih memiliki waktu untuk menunjukkan sisa permainanku musim depan,”ucap Iuliano, yang akan bergabung bersama pemain lain untuk mengkampanyekan larangan penggunaan narkoba jenis apapun untuk merangsang fisik pemain baik di Serie A maupun Serie B.  (persda network/bud)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: