useful


Teriakan Sulung Imam Samudera Memecah Keheningan Kampung Lopang Ge de
November 8, 2008, 3:46 am
Filed under: news around Indonesia

HAMPIR disetiap sudut jalan menuju kampung halaman Imam Samudera, di Kampung Lopang Gede, Serang, Banten pada Sabtu dini hari (8/11) di penuhi warga yang berjaga-jaga. Beberapa aparat kepolisian bersenjata lengkap juga membaur bersama warga yang sebagian menggunakan baju warna putih, bertuliskan Pamswakarsa. Tak ada kegiatan yang mencolok sebelumnya saat malam menjelang larut.
Jelang pukul 24.00 WIB Agus Setiawan, anggota tim pembela muslim (TPM) tiba di rumah Umi Embay Badriah. Tak banyak yang ia sampaikan ketika disapa. Ia bergegas masuk ke rumah Umi lewat pintu belakang. Sementara di teras depan, warga setempat terlihat duduk-duduk menjaga kediaman Umi. Kabar rencana kedatangan Koordinator Tim Pembela Muslim (TPM) Mahendradatta, seakan tak dihiraukan oleh warga, termasuk Agus Setiawan.
Para kerabat, kakak serta adik kandung Abdul Azis sudah lebih dulu berkumpul di rumah Umi. Umi Embay Badriah memiliki 11 orang anak. Abdul Azis adalah putra ke delapan dan Dedi Chaidir adalah bungsu setelah Lulu Jamaludin. Teh Nunung, Aliyah dan Yuli kakak serta adik perempuan Abdul Azis juga terlihat berkumpul.
Tak beberapa lama, setengah jam setelah kedatangan Agus Setiawan, sekitar pukul 00.20 WIB,mobil kijang warna biru nopol A 1231 G datang, berjalan perlahan-lahan dan berhenti di sisi gang rumah Umi Embay Badriah.
Perempuan berperawakan mungil menggunakan jilbab dan memakai cadar warna hitam kemudian keluar, langsung bergegas masuk pintu belakang rumah Umi. Tak berapa lama, seorang anak perempuan, turun dari mobil. Mukanya ditutup rapat-rapat oleh Yuli, adik kandung Abdul Aziz, menghindari wartawan.
Di dalam mobil, masih ada satu lagi yang belum turun. Begitu pintu dibuka, sosok lelaki berumur belia, dengan sorot mata yang tajam kemudian membuka pintu mobil, berusaha bergegas. Puluhan fotografer yang sudah berjaga-jaga tak mau kehilangan kesempatan, menyorotkan kilatan lampu kameranya, menghujani wajah yang sangat mirip dengan Abdul Aziz atau Imam Samudera.
Dialah Umar Jundul Haq, putra sulung Imam Samudera. Umar sontak marah kepada para fotografer yang menghalangi jalannya untuk masuk ke rumah neneknya, Umi Embay Badriah. Secara reflek, Umar kemudian hendak merampas kamera milik fotografer yang lampu kilatnya terus menyoroti wajahnya.
“Hey, jangan kurang ajar,” pekik Umar yang langsung memecah keheningan Kampung Lopang Gede. Wajahnya yang tampan, seakan tertutup dengan kemarahannya yang begitu memuncak pada Sabtu dini hari itu.
Warga sekitar kemudian berdatangan untuk mengetahui kejadian sebenarnya. Para polisi yang berjaga-jaga di depan pintu masuk, berhamburan, ikut mencari tahu dari mana teriakan itu berasal. Salah satu kerabat Umi, dengan suara pelan kemudian memastikan, teriakan itu memang berasal dari Umar.
Pasangan Abdul Azis atau Imam Samudera menikah dengan Zakiah Darajad dan sudah dikaruniai empat orang putra-putri. Umar Jundul Haq anak pertamanya. Kemudian tiga lainnya adalah, Salsabila, Tasniem dan Iyash Jaisy. Kerabat Umi kemudian meyakinkan lagi kalau anak Imam Samudera yang juga datang adalah Salsabila.
Kedatangan istri Abdul Azis atau Imam Samudera bersama kedua anaknya tak lain untuk ikut rapat bersama keluarga besar Umi Embay Badriah. Menurut kerabat Umi yang enggan disebutkan namanya, rapat pada Sabtu dini hari itu untuk memutuskan siapa yang akan berangkat ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Batu, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.
Pihak keluarga akhirnya mengutus Lulu Jamaluddin dan Agus Setiawan yang berangkat ke Cilacap. Sekitar pukul 03.00 keduanya diantar oleh tim Densus 88, berangkat dari kantor Mapolres Serang


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: