useful


10 Sosok Berpengaruh 2009
January 6, 2009, 6:49 am
Filed under: news of football

Yahoosport coba memprediksi sosok-sosok yang akan menjadi pusat perhatian pecinta sepakbola. Prediksi ini tidak terbatas hanya pada sosok pemain saja. Tokoh-tokoh di balik layar juga akan mengisi prediksi 10 orang yang akan disorot di tahun ini.
Makin banyaknya aktor di balik layar yang akan menjadi sorotan publik tak lepas dari krisis ekonomi global yang kini juga berimbas pada sebuah tim. Berikut 10 sosok yang akan menjadi pusat perhatian media dan seluruh mata pemerhati sepakbola:

1. Roman Abramovich
Multimiliuner asal Rusia ini akan kembali menjadi sorotan dunia. Pemilik klub Liga Inggris, Chelsea, ini diperkirakan akan mengalami efek paling nyata terkait krisis keuangan yang melanda dunia. Mulai melemahnya dinasti Abramovich juga telah terlihat awal musim ini. Bahkan, banyak kalangan yang menilai antusiasme Abramovich mulai meredup. Jika itu terjadi, tentu persaingan Liga Inggris akan semakin ramai.
2. Don Garber
Komisioner Major League Soccer (Liga Amerika Serikat) ini tengah disorot publik setelah dianggap terlalu menghambur-hamburkan uang. Garber bersama tangan kanannya, Ivan Gazidis, memang getol mendatangkan para bintang lapangan sepakbola dunia ke MLS guna mendongkrak pamor sepakbola di Negeri Paman Sam ini.
3. Diego Maradona
Kiprah Maradona bersama timnas Argentina juga akan menjadi sorotan pecinta sepakbola seluruh dunia. Nama besar yang disandang Maradona akan membuat banyak pemerhati sepakbola selalu menantikan kiprahnya bersama Albicelestes. Meski terbilang belum teruji menjadi pelatih, kharisma Maradona diyakini akan membawa pengaruh positif pada tim.
Tak hanya itu, banyaknya kontroversi yang dilakoninya membuat nama Maradona semakin menarik untuk disimak.
4. Jose Mourinho
Banyak yang meyakini sosok Jose Mourinho adalah aktor di balik layar dalam sepakbola. Tentu masih segar dalam ingatan saat The Special One selalu menjadi musuh nomor satu bagi semua pelatih di Liga Inggris saat menukangi Chelsea. Ucapan-ucapan pedasnya selalu berhasil membuat lawan bak kebakaran jenggot. Satu bukti lagi, bukan rahasia jika Serie A kembali bergairah dengan hadirnya allenatore asal Portugal ini. Serie A yang sempat mati suri karena kasus Calciopoli kembali menemukan gairahnya dengan hadirnya Mourinho bersama Internazionale Milan.
5. Ashley Young
Dialah pemain paling bersinar di penghujung 2008 lalu. Young berhasil mengangkat pamor Aston Villa di kancah Liga Inggris. Pada 2009, kegemilangan Young diyakini akan membuat tim-tim elit dunia berebut talenta 23 tahun ini. Untuk sementara, ia berhasil membawa Villa nangkring di peringkat 4 klasemen Liga Inggris.
6. Joan Oliver
Oliver menjabat sebagai CEO Barcelona dan bertugas mengangkat kembali pamor Barcelona sebagai raksasa Catalan. Oliver menjadi tokoh penting bagi program ekspansi Barcelona ke seluruh penjuru dunia. Oliver juga menjadi aktor utama keterlibatan Barca di MLS bersama klub franchise Barca yang berpusat di Miami.
7. Sunil Gulati
Presiden sepakbola Amerika Serikat ini juga akan mendapat banyak sorotan. Pasalnya, Gulati akan menjadi penentu keberhasilan AS sebagai penyelenggara Piala Dunia 2018 atau 2022. Namun pada 2009 ini, nama Gulati akan menjadi sorotan terkait keterlibatannya dalam pemilihan Barack Obama dan dukungannya terhadap penarikan pasukan dari Irak.
8. David Beckham
Inilah pemain yang paling ditunggu aksinya. Sambutan super meriah yang digelar AC Milan membuat nama Beckham kembali terangkat. Superstar asal Inggris ini akan menghiasi Liga Italia dalam dua bulan ke depan. Meski tak muda lagi, daya tarik seorang Beckham memang tak bisa dihindari. Terlebih, pelatih Fabio Capello terlihat masih memberi kesempatan kepada Beckham untuk bergabung dengan timnas Inggris.
9. Sergio Aguero
Aguero akan mendapat sorotan karena dianggap menjadi nyawa dan gairah Atletico Madrid di Liga Spanyol. Bahkan, Aguero diyakini akan terus menjadi salah satu pemain yang akan menjadi pesaing Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk berebut gelar Pemain Terbaik Dunia.
10. Sven-Goran Eriksson
Mantan pelatih timnas Inggris ini akan kembali akrab di mata pemerhati sepakbola setelah resmi menangani timnas Meksiko. Meloloskan Meksiko dari babak kualifikasi zona Concacaf ke Piala Dunia 2010 akan menjadi pertaruhan nama besar Eriksson pada 2009 ini.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: