useful


Ekaterina Rubleva: Desain Kostum Tanpa Tali Ikat
February 24, 2009, 2:30 pm
Filed under: news of sport style

PENGALAMAN selalu memberi pelajaran berharga untuk mencegah hal buruk yang pernah dialami, tak terulang lagi. Idiom itulah yang ada di pikiran Ekaterina Rubleva ekaterina-rublevakala memutuskan untuk merancang dan membuat kostum khusus yang ia pakai sendiri kala berlaga.
Hal tersebut menjadi pilihan atlet ice skating ini setelah kejadian memalukan menimpanya beberapa waktu. Tepatnya kala kejuaraan Eropa ice skating berlangsung. Saat itu ia mengenakan kostum yang terbilang sangat minim, bagian belakang terbuka sampai sebatas pinggang, sedang bagian depan mengenakan alur gaun tanpa pengikat di bagian dada.
Kemungkinan sang pasangan, Ivan Shefer, terlalu kuat kala memberi efek putaran membuat kostum tersebut melorot dan sempat menyembulkan bagian terlarang miliknya. Tak urung, ia pun malu bukan kepalang meski gelar juara ketiga masih sempat ia raih. Usai berlaga, atlet berusia 23 tahun asal Rusia ini pun menangis tersedu tatkala melihat rekaman ulang betapa ia sangat gegabah mengenakan kostum minim tersebut.
“Sebenarnya aku ingin bergaya sesuai dengan tematik yang kami bawakan malam itu, aku sudah berunding dengan Shefer, mungkin ia memutarku lebih kencang dari biasanya, dan itu membuat efek kulitku menjadi terkerut ke dalam di bagian ketiak, tak ayal hal itu mengurangi volume di bagian depan, dan kejadian itu membuatku benar-benar malu,” jelas Rubleva.
Berkaca dari kejadian sekali dalam perjalanan karir internasionalnyaa, atlet kelahiran Moskow ini berinisiatif membuat kostum khusus sesuai dengan gaya ice skating modern yang menuntut gaun minim. Tidak hanya untuk konsumsi sendiri, ia juga memberikan itu pada sesama atlet lainnya.
“Kebetulan aku juga suka membuat sketsa fashion, sepertinya merancang untuk diri sendiri lebih memuaskan, dan itu aku berikan pada teman-teman, agar mereka tetap bisa tampil seksi dan menawan tanpa harus terkena malu seperti kejadian yang kemarin menimpaku,” tegas Rubleva, di Bild.de, Sabtu (24/1).
Rancangan dibuat berdasar pengalaman gerakan tersulit yang pernah ia lihat dan alami, yang selalu mengarah pada bagian dada dan sekitar paha. “Bagian itulah yang menjadi titik sentral, dan aku sengaja merancang desain khusus tanpa ikat dengan mengetatkan pada kedua bagian itu, jadi nantinya kain yang melekat di bagian itu bersifat lentur, tapi tetap mengikat,” jelas pemilik postur 163 cm ini.
Kini ia yakin, kostum yang ia buat memenuhi ‘standar keamanan’ dan kenyamanan bagi atlet ice skating. Pemilik nama lengkap Ekaterina Borisovna Rubleva ini pun sudah pernah mencobanya dalam dua kali kompetisi dan nyatanya aman dari kejadian meski ia dan Shefer menggunakan over spin. “Tetap mengikat dan aman untuk berputar sembari bergerak melengkung,” imbuhnya. (persda network/bud)

Pernah Malu Akibat Kostum
TIDAK hanya Ekaterina Rubleva yang pernah mengalami rasa malu akibat kostum yang dipakainya melorot sehingga menyembulkan bagian tubuh yang semestinya bukan untuk konsumsi umum. Beberapa atlet kelas dunia pun pernah mengalami hal itu dalam perjalanan karir mereka.
Sebut saja nama Oksana Domnina dan Katarina Witts, dua atlet ice skating yang mengalami hal sama dengan apa yang terjadi pada Ekaterina Rubleva, kostum mereka melorot sampai batas yang tak terduga.
Beberapa nama terkenal lain di olahraga dunia yang pernah mengalami itu antara lain Kouteli Konstantina (polo air), legenda tenis putri dunia Steffi Graf, pelari Habtemariam Nebiat, Marie-Luc Arpin (polo), Martina Hingis, Krystina Alogbo (polo), petenis Italia Flavia Pennetta, Eftychia Karagianni dan Venus Williams.
Umumnya mereka mengalami hal memalukan itu karena pilihan kostum yang menurut mereka sesuai dengan pilihan gaya hidup. “Tanpa kostum seperti itu, aku tak akan pernah percaya diri, itu sudah jadi trade mark-ku,”sebut Pennetta, yang mengalai kejadian robek di bagian dada dan paha kala bertanding di turnamen Indian Wells tahun lalu. Pengalaman itu membuat Penetta kini menggunakan kain dalam sebagai pelapis. (persda network/bud)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: