useful


Trauma Cahyani di Situ Gintung
March 30, 2009, 8:50 am
Filed under: news around Indonesia

Musibah jebolnya tanggul Situ Gintung tak hanya menyebabkan duka bagi para korban, tapi juga trauma. Sulit untuk melupakan momentum saat air dengan kecepatan dasyat menerjang, memporak-porandakan kampung dan menewaskan orang-orang yang sehari-hari mereka temui.
Trauma juga dialami Risma Cahyani. Ditengah persiapan ujian akhir, remaja 15 tahun itu harus menyaksikan kedahsyatan bencana yang menerjang rumahnya. “Dia masih sering mimpi buruk, kalau malam suka teriak-teriak histeris ketakutan, air-air mama,” kata sang Ibu Tinem (38) kepada VIVAnews, Senin 30 Maret 2009.
Tinem mengaku resah dengan kondisi anaknya yang masih labil. Belum lagi persiapan menjelang ujian akhir nanti. “Kasihan anak saya nggak bisa belajar, semua bukunya hilang,” imbuhnya.
Dua ketakutan sekaligus saat ini dialami siswi kelas 3 SMP itu. Selain takut mengingat tragedi tersebut, Risma juga khawatir karena dia belum menyiapkan diri menghadapi ujian akhir yang akan digelar sebulan lagi. “Saya takut nanti tidak lulus,” kata Risma.
Kini Risma dan adiknya Devi Savitri hanya bisa pasrah dan tetap tinggal di posko penampungan, bersama anak-anak seumuran lainnya.
Sementara itu, Ayah Risma, Marno (42) berharap anak-anaknya bisa mendapatkan bantuan buku-buku pelajaran agar kedua Putri bisa tetap belajar. “Kenginan putri saya untuk belajar sangat besar sekali, tapi apa daya, rumah saja sudah rata dengan tanah, apalagi buku-buku pelajaran,” kata dia.
Jangankan anak-anak dan remaja, para orang tuapun gelisah. “Memang saat ini bantuan makanan dan pakaian berlimpah, tapi nanti kami takut akan tinggal dimana,” ujar Iwin Diah (35), warga kampung Gintung RT 4 RW 8.
Iwin mengaku tak tahu bagaimana melanjutkan kehidupannya. Apalagi, belum ada kepastian soal ganti rugi atau sumbangan terkait tempat tinggal. “Kalaupun nanti ada bantuan saya tidak mau tinggal di Situ Gintung lagi. Takut nanti kejadian ini terulang lagi,” tambah dia.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: