useful


Wawancara Eksklusif Bryan Robson
April 1, 2009, 6:54 am
Filed under: news of football

dscn0290ROBBO dan Captain Marvel. Bagi penggemar Manchester United, dua panggilan sekaligus julukan berbeda itu jelas sudah sangat akrab di telinga. Meski dua nama, tetap saja merujuk pada satu personal yang sangat melegenda di Old Trafford, homeground Manchester United. Itulah panggilan bagi sang midfielder, Bryan Robson. Catatan 345 kali main dengan sumbangsih 74 gol sudah cukup membuat Robson berpredikat sosok legendaris di Carrington, markas tim Setan Merah. Ditambah 26 gol dalam 90 caps bareng timnas Inggris, semakin lengkaplah Robbo seorang legendaris.
Bagaimana ia melihat Manchester United masa depan, termasuk siapa saja yang cocok menjadi suksesor Sir Alex Ferguson, peluang ManUtd musim ini untuk mencapai Quintiple sampai hasratnya untuk menjadi seorang pelatih Setan Merah masa depan. Berikut hasil wawancara wartawan Persda Network, Nurfahmi Budi dengan Bryan Robson dalam dua kali sesi, sebelum dan sesudah acara launching kerjasama 3 dengan Manchester United, di hotel Ritz Chartlon Jakarta, Selasa (31/3).

Persda (P): Apa kabar Captain?
Bryan Robson (B): (dengan senyum simpul akibat sapaan Captain). Baik, meski agak lelah karena jadwal padat, besok pagi kami harus kembali ke Manchester. terima kasih.
P: Sebagai Duta Global, tentu harus ada energi ekstra.
B: Itu semua bisa hilang dengan pengalaman luar biasa yang saya alami setiap kali berkunjung untuk mewakili ManUtd dalam pelbagai acara dan ajang. Rasa lelah langsung menghilang saat melihat antusiasme pendukung kami, dari Afrika sampai Asia.
P: Anda menemukan hal yang istimewa?
B: Di Asia. Selalu ada hal istimewa di sini. Saya sudah berada di Thailand, Vietnam, Malaysia dan Singapura, sekarang Indonesia. Sambutan yang mereka berikan membuat kami terharu. Apalagi di Indonesia, yang kabarnya jumlah suporter ManUtd di sini lebih besar dari apa yang ada di kota Manchester. Ini sebuah kebanggaan luar biasa bagi keluarga besar ManUtd.
P: Sekarng tentang Manchester United, yakinkah Anda musim ini Ronaldo dkk bisa merengkuh lima gelar sekaligus?
B: Sangat yakin. Peluang kami sangat besar musim ini, hanya cedera pemain akibat permainan nakal lawan yang bisa menghambat laju kami. Kami sudah berada di jalur yang benar, Liga Champions, Piala FA dan Premiership, semuanya sudah kami jalani dengan baik sampai sekarang. Tinggal konsentrasi saja, dan kami yakin bisa melampaui itu.
P: Adakah pengaruh dua kekalahan beruntun dari Liverpool dan Fulham?
B: Secara prinsipal tidak, hanya mental pemain yang sedikit terganggu. Bagaimanapun dua kekalahan itu berada di luar perkiraan manajemen. Kami hanya kurang beruntung dalam dua partai itu. Tapi melawan Aston Villa nanti, kami sudah sepakat untuk bangkit dan meneruskan tradisi kemenangna berikutnya di Liga Champions dan Piala FA.
P: Adakah masalah non teknis?
B: Tidak ada. Semuanya murni urusan teknik.
P: Bagaimana Anda melihat Manchester United tanpa Sir Alex dan Cristiano Ronaldo?
B: Kalau itu terjadi saat ini, tentu sangat berat bagi kami. Sir Alex bukan saja sosokyang sangat brilian dalam hal teknik, tapi juga mampu berperan sebagai bapak yang mampu membimbing sang anak menuju permainan yang menawan, dia tak tergantikan. Tentang Ronaldo, dia pemain yang mampu berperan besar di setiap pola yang diterapkan Sir Alex. Dia ornamen penting kami, tapi bukan yang terpenting karena tim kami diisi talenta-talenta luar biasa.
P: Sudah siapkah ManUtd kehilangan Sir Alex?
B:Jelas belum, kami harus perlahan untuk membuat regenerasi. dan kami sudah pastikan kalau Sir Alex bakal melatih ManUtd sampai ia mengungkapkan tak mampu lagi bertahan.
P: Sudah ada calon pengganti?
B: Kami masih terus mencari, dan hasilnya adalah apa yang direkomendasikan Sir Alex pada manajemen.
P: Sudah ada nama?
B: Ada beberapa yang sempat mencuat, seperti Martin O’Neill, David Moyes sampai Eric Cantona, tapi semuanya masih bahan mentah.
P: Tentang Mourinho?
B: Tak ada pembicaraan tentang itu.
P: Ataukah Anda yang akan mengambil tongkat Sir Alex?
B: Kalau itu jelas saya mau. Bagaimanapun, menangani klub besar seperti ManUtd adalah kebanggaan, di samping tentunya tanggung jawab yang besar juga.
P: Anda siap?
B: Harus, kareng ManUtd adalah segalanya bagi saya saat ini.
P: Bagaimana Anda melihat sepakbola Indonesia?
B: Saya pernah melihat tim Anda saat Piala Asia, sayang tak masuk ke semifinal. Secara teknis bagus, hanya mental dan visi bermain yang kurang.
P: Anda mau membantu timnas Indonesia?
B: Kenapa tidak. Asal harganya cocok, hahahahaha….
P: Oke, terima kasih Mr Robbo, sampai jumpa Juli nanti.
B: Sama-sama.

(persda network/bud)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: