useful


Beranikah Golkar Jadi Oposisi?
April 23, 2009, 6:09 am
Filed under: news around Indonesia

Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary
Siapkah Partai Golkar memilih menjadi oposisi? Pertanyaan ini selalu diajukan ketika Golkar memilih pecah kongsi dengan Demokrat. Sejarah memang selalu mencatat partai berlambang pohon beringin ini selalu menjadi penguasa dan berada di lingkaran kekuasaan.
Namun, pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla pada pembukaan rapimnassus, Kamis (23/4), cukup mengejutkan. Ia mengatakan, jika harus menjadi oposisi, maka Golkar harus membiasakan diri.
“Menjadi pemerintah atau oposisi sama saja amalnya, tujuannya sama untuk bangsa dan negara. Bahwa tidak terbiasa jadi oposisi, kita harus membiasakannya bila harus untuk itu,” ujar JK, yang disambut tepuk tangan peserta rapimnassus.
Dengan santai pula ia berujar, menjadi pemerintah jauh lebih sulit dibandingkan menjadi oposisi. Melontarkan kritikan kepada pemerintah menurutnya lebih mudah dibandingkan pontang-panting membela pemerintah. “Mengkritik itu gampang. Cari kesalahannya, kritik, keluar ruangan, selesai. Tapi bagi kita, itu perjuangan yang kita jalankan,” ujar dia.
Pernyataan JK ini boleh jadi merupakan sinyal kuat partainya siap menjalin koalisi dengan PDI Perjuangan yang selama ini dikenal sebagai partai oposisi.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: