useful


Permata Rp 1,15 Triliun
July 8, 2009, 7:05 am
Filed under: news of football

LEGENDA hidup sepakbola Prancis, Zinedine Zidane memberi sebutan istimewa pada gelandang serang Franck Ribery. Tidak tanggung-tanggung, Zizou menyematkan Jewel of French alias Permata Prancis, sebagai pertanda betapa berharganya seorang Ribery bagi dunia pesepakbolaan Prancis. Tak malu-malu Zidane menegaskan nasib timnas Ayam Jantan di Piala Dunia 2010 sangat bergantung pada pria berusia 26 tahun tersebut.
Apa yang telontar dari Zizou tentu bukan sekedar isapan jempol belaka. Buktinya, kini nama Ribery menjadi isu paling panas setelah proses kepindahan Kaka dan Cristiano Ronaldo selesai. nama gelandang Bayern Muenchen ini menjadi isu terpanas. Pasalnya, beberapa klub besar masih bernafsu untuk menguber tandatangan pemain yang besar di Olympique Marseille itu. Real Madrid menjadi pihak pertama, kemudian ada nama Manchester United, Manchester City sampai yang paling anyar, Chelsea.
Hebatnya, klub terakhir ini yang sekarang punya peluang paling besar untuk memeroleh Ribery. Bahkan isu sudah berkembang hebat, The Blues sudah siap memboyong Pertama Prancis ini seharga 70 juta pounds atau sekitar Rp 1,15 triliun. Sebelumnya pihak Stamford Bridge ‘hanya’ menyorongkan angka transfer 59 juta pounds atawa Rp 973,5 miliar.
Kemungkinan nilai transfer di atas bakal membawa Ribery menjadi pemain termahal kedua di kolong jagad ini, setelah Ricardo Izecson. Tidak main-main, pihak Chelsea memberi tenggat waktu pada manajemen FC Hollywood untuk menyampaikan jawaban paling lambat minggu depan. Meski kabarnya ingin menolak, tapi Presiden Bayern Muenchen yang juga legenda timnas Jerman, Karl Heinz Rummenigge mengaku pihaknya akan berpikir ulang dengan uang sebesar itu. “Kami pikir dengan uang itu bisa memeroleh 2-3 pemain berkualitas tinggi, tapi semuanya tergantung pada rapat yang akan kami selenggarakan akhir pekan ini,” tutur Rummenigge, di Kicker, kemarin.
Pihak Chelsea sendiri terus memburu pemain yang bisa berposisi sebagai gelandang serang ataupun striker tersebut. Pelatih Carlo Ancelotti mengaku, kehadiran Ribery akan membuat timnya bermain kreatif dan bisa menggelar transformasi di tengah pertandingan. “Bergabungnya Ribery membuat saya bisa mengolah tim sesuai keinginan, yakni bermain ofensif dan memainkan sepakbola indah. Aktor-aktor yang telah ada ini semakin menegaskan Chelsea akan bermain lebih agresif dibanding musim kemarin,” tegas Ancelotti.
Jika sukses menginjakkan kaki di London Selatan tersebut, Ribery menjadi bagian dari lini tengah The Blues yang makin mengerikan. Bayangkan saja, di sana sudah ada Michael Ballack, Frank Lampard, Salomon Kalou, John Obi Mikel yang sudah memerpanjang kontrak, Michael Essien dan gelandang anyar asal Rusia, Yuri Zhirkov.
Carletto mengungkapkan, Ribery akan ditempatkan sebagai kreator lapangan tengah yang bisa bebas bergerak kemanapun ia suka. Ini memberi spekulasi kalau Carletto memang ingin bermain beda musim depan, dengan satu penyerang lubang di belakang dua striker. Sistem ini tergolong baru di Inggris, sehingga patut ditunggu jika memang Ribery berseragam Chelsea musim depan. Tengok kegairahan Ballack saat pemain yang menjadi suksesornya di Bayern Muenchen ini akan tiba di markas tim. “Kami semua jelas sangat gembira jika dia datang, lini tengah kami akan semakin berbahaya, dan kami siap menyokong setiap pergerakannya,” tegas Ballack, di Setanta Sports.
John Obi Mikel, Joe cole, Ashley Cole dan Didier Drogba juga sudah tak sabar ingin melihat sepak terjang Ribery jika berkombinasi dengan mereka. Joe Cole misalnya, mengaku Ribery punya kecepatan yang bisa merepotkan barisan pertahanan lawan di Premiership. Karakter bertenaga yang diimbangi skill individu kuat membuat Ribery dipastikan tidak akan kesulitasn beradaptasi dengan lingkup Premier League yang kini sudah berbeda corak, menjadi lebih dinamis dan passing yang tak monoton. “Ribery pemain istimewa, saya pernah bertemu dengannya. Dia sosok yang bisa membuat kami ditakuti di Inggris dan Eropa musim depan,” tegas Joe Cole.
Sekedar tambahan, Chelsea juga terus meningkatkan gudang peluru di skuadnya. Mereka tengah mengincar gelandang serang milik Real Madrid Wesley Sneijder dengan bandrol 17 juta pounds atau Rp 280,5 miliar. (persda network/bud)

El Real Menunggu, Fokus Boyong Xabi Alonso
AWALNYA, bersama Manchester United, Real Madrid menjadi klub yang begitu getol ingin memboyong Franck Ribery. Gayung bersambut, saat pemain internasional Prancis tersebut berhasrat ingin berbaju Los Blancos musim depan. Kehadiran Kaka, Ronaldo dan Karim Benzema menjadi magnet luar biasa bagi Ribery untuk berkolaborasi. Bisa dibayangkan tentunya jika Ribery datang, Real Madrid bakal menjelma menjadi pemilik armara serbu luar biasa. Kuartet Kaka-Ribery-Ronaldo-Benzema menjadi kelas utama, belum lagi sokongan dari Raul Gonzales maupun Gonzalo Higuain.
Sayang, semua itu harus ditunda minimal dalam jangka waktu setahun ke depan. Pihak Real Madrid mengaku mundur perlahan dan bersikap menunggu karena transaksi Ribery tergolong rumuit. El Real memersilakan para pesaingnya untuk berebut tandatangan Ribery. Manajer Umum Real Madrid, Jorge Valdano menegaskan, saat ini armada di klubnya memang sudah seimbang. Namun hasrat untuk menggaet Ribery tidak pernah surut. “Kini kami hanya ingin menunggu semua kondisi yang ada, sangat fluktuatif. Tapi Ribery harus menjadi milik kami, entah sekarang atau musim depan,” ucap Valdano.
Ribery baru-baru ini mengklaim ia tidak berniat menciptakan polemik seputar kemungkinannya pindah klub. Namun, ia tetap menyatakan terbuka untuk hengkang dan sejauh ini disetujui klub.
Valdano mengerti, spekulasi kepindahan Ribery mengganggu suasana ruang ganti Bayern. Sebagian warga Allianz Arena menilai Ribery tidak berkomitmen kepada Bayern dan sebaiknya dijual. Sebagian lain berusaha mempertahankannya. Valdano tidak ingin relasi baik antara Madrid dan Bayern rusak gara-gara Ribery. Ia berharap, disharmoni Bayern soal Ribery cepat tuntas. Menurutnya, Madrid bisa menunggu Ribery sampai Bayern berlapang dada.”Ribery memiliki kontrak dengan Bayern, yang tidak ingin menjualnya. Kami harus sabar. Bila tidak tahun ini, ini bisa terjadi tahun depan,” imbuhnya.
Tidak ingin menganggur, meski tetap menancapkan radar pada Ribery, manajemen Real Madrid sudah mulai serius untuk memindahkan Xabi Alonso ke Santiago Bernabeu musim depan. Bahkan, nomor punggung 14 yang selama ini identik dengan Guti Hernandez sudah disiapkan. Dana sebesar 35 juta pounds atawa Rp 577,5 miliar sudah siap digelontorkan Florentino Perez untuk sang gelandang bertahan timnas Spanyol ini. “Xabi adalah prioritas kami menuju musim baru nanti, dan belum tentu juga kalau itu adalah buruan terakhir kami. Dan yang kami siapkan sudah lebih dari cukup untuk memboyongnya ke sini. Jika dia pindah, tentu kami bakal menyambut sangat meriah.” jelas Valdano. (persda network/bud)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: