useful


Kaki bergerak
October 2, 2009, 6:01 am
Filed under: news around Indonesia

Kisah menyedihkan juga terlihat di showroom Suzuki dan Adira Finance, Sawahan. Di balik reruntuhan itu, 12 mayat sudah dievakuasi dengan susah-payah. Keluarga menunggu dengan cemas.
“Suami saya bekerja di dalam sana. Saya tidak tahu apa Dia ada di sana atau tidak,” ujar Yeni (28), seorang ibu muda sambil tersedu-sedu. Matanya yang basah oleh airmata, mencoba menembus ke dalam reruntuhan.
Begitu juga Fitri (17). Gadis remaja ini terisak-isak menyaksikan petugas mencoba memeriksa korban di balik reruntuhan. Tangisnya makin terdengar memilukan, ketika seorang anggota TNI keluar reruntuhan melaporkan kepada atasannya, bahwa ia melihat beberapa pasang kaki bergerak-hgerak, terhimpit reruntuhan tangga. “Tapi tidak bisa dibongkar dengan tangan,” ujar prajurit. Masalahnya, tak ada alat berat.
Fitri terisak, begitu juga keluarga karyawan Adira lainnya. Mereka berpelukan untuk saling menguatkan, meskipun tidak saling kenal.
Di Hotel Ambacang, suasana juga mencekam karena lebih dari 70 orang masih terjebak. Ronald, warga perumnas Pengambiran Kecamatan Lubeg, Padang, terus memeriksa kantong mayat, untuk memastikan apakah tantenya sudah dikeluarkan dari bangunan gedung. “Sampai senja belum ada tanda-tanda, ” kata Ronald tentang tantenya yang sama-sama bekerja di hotel tersebut.
Banyaknya korban di hotel itu karena sedang ada pelatihan teknis dari Dinas Perikanan dan kelautan Provinsi Sumbar yang diikuti sekitar 100 orang. Razali selamat dari himpitan reruntuhan hotel di Jalan Bundo Kandung tersebut karena ia meloncat dari lantai dua ke basement hotel tersebut. “Alhamdulillah saya selamat, meski kepala bocor dan mendapatkan lima jahitan serta punggung luka,” ujarnya.
Tapi nasib Razali tidak sebaik ratusan orang lainnya. Hanya dua yang selamat dan 10 orang ditemukan tewas, termasuk seorang warga Singapura. Lainnya, belum jelas hingga kini. Lagi-lagi, masalahnya, peralatan. Bahkan, hingga Kamis siang, Hotel Bumiminang belum disentuh karena khawatir gedung lantai delapan itu ambruk.
Dandim Padang Haris Sarjana mengatakan, harapan hidup korban di reruntuhan masih ada karena masih terdengar jeritan dari dalam gedung. “Pukul empat dinihari tadi anggota saya masih mendengar ada yang minta tolong,” ujar Haris.
Di gedung Bank BII, kepala cabang bank tersebut, Yuli Syahrial juga tewas. Saat ini, lebih dari 100 korban tewas yang berhasil dievakuasi dari berbagai gedung, mulai dari Bimbel Gamma, Adira Finance (3 orang, LIA-LBA Padang (10), Ambacang Hotel (10), BII Padang (2), dan Pasar Inpres I Pasasraraya Padang (5). “Mayat dari Pasarraya itu baru senja dievakuasi ke ke instalasi jenzah darurat, berjumlah lima orang yang kondisinya sulit dikenal karena selain ditimpa reruntuhan juga terbakar,” kata petugas di kamar mayat RSUP M Jamil.
Korban lainnya tersebar menunggu evakuasi. Di Adira Finace, diperkirakan sekitar 30-40 orang tertimbun, di Pasar INpres I Pasaraya Padang diperkirakan 100 orang dan Kantor Gubernur Sumbar dua orang. Begitu juga di Sugama College Jl Veteran Padang, diperkirakan 20-30 korban, STBA Prayoga sekitar 100 mahasiswa, LIA-LBA sekitar 60 orang, bimbel Quantum juga masih diperkirakan 30 orang.
“Seribuan orang masih terkubur reruntuhan,” kata Koordinator Satuan Koordinasi dan Pelaksana (Satkorlak) Penanggulangan Bencana Sumatera Barat, Ade Edward, di Posko Satkorlak, Kantor Gubernur Sumbar. (adt/hnk/yst/ yan)

Sejumlah Gedung Ambruk
* Dinas Kelautan Perikanan Sumbar
* Dealer Suzuki Sawahan
* 5 unit ruko di Sawahan
* Hyundai Sawahan
* LB LIA Padang
* Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Prov Sumbar
* Kantor Gubernur Sumbar
* Hotel Ambacang
* Toko Makanan Shirley
* SD Agnes di Jalan Gereja
* SDN 30
* Dealer Capella Medan
* Kantor CTA
* PT AGD Bypass
* Gedung Quantum
* Adira Finance
* Gedung Bunda Jaya, Ulak Karang
* Mulya Elektronik
* 6 ruko di Simpang Haru
* 4 ruko di wilayah bypass
* Gedung Proton
* Gedung LP3I
* Pengadilan Negeri Siteba
* Balai Kota Padang (rusak berat)
* Hotel Bumiminang


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: