useful


SBY: Jangan Sampai bantuan Menumpuk
October 2, 2009, 6:02 am
Filed under: news around Indonesia

Padang–Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengingatkan dengan cukup tegas agar Pemprov Sumbar dan tim penanggulangan bencana alam tidak salah arah aplagi salah kaprah dalam menangani bencana. Khususnya dalam penanganan korban dan penungsi yang jumlahnya cukup banyak.

Peringatan SBY ini disampaikan dalam rapat koordinasi dengan Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi dan Wali kota Padang Fauzi Bahar, di ruang rapat Gubernuran Sumbar di Jalan Sudirman, kamis (1/10). SBY yang datang didampigi Ny Ani Yudhoyono beserta sejumlah menteri serta panglima TNI dan Kepala Polri, menekankan bahwa peringatan yang dia sampaikan lebih ke arah pemberian bantuan yang sering tidak terkoordiniri, salah arah dan bahkan salah sasaran.

“sudah banyak contohnya. Terakhir adanya bencana di Yogyakarta.Saat itu banyak sekali bantuan yang tidak sampai ke tangan yang membutuhkan, tidak tepat sasaran, dan bahkan banyak yang masih menumpuk di gudang-gudang tidak tersalurkan. ini pelajaran berharga dan jangan sampai terjadi di Sumatra Barat,” ujar Presiden kepada Gamawan dan Fauzi Bahar, yang langsung dijawab dengan kata “siap!” oleh Fauzi yang memang mantan perwira TNI AL berpangkat Kolonel. Sedangkan gamawan hanya mengangguk-angguk, namun wajahhya terlihat sangat serius.

Presiden SBY memberikan pengarahannya setelah sebelumnya Gamawan dan fauzi bahar memaparkan tentang kondisi terkini Sumatra barat, jumlah korban, tingkat kerusakan, dan bantuan-bntjuan yang dibutuhkan. Gamawan mengatakan, tim tanggap darurat Sumbar sudah langsung bekerja begitu gempa terjadi.

“Tindakan pertama adalah berusaha mengevakuasi korban yang terjebak di balik reruntuhan dan memberikana tempat pengungsian yang layak. tenda-tenda darurat langsung didirikan dan bantuan logistik yang ada langsung disalurkan,” ujar Gamawan yang diikuti degan anggukan kepala oleh Fauzi bahar. Sementara SBY, speerti biasa terlihat memasang wajah serius mendengarkan pemaparan tesebut. Sedangkan ny Ani Yudhoyono yang duduk di sampig SBY juga terlihat serius mendengarkan, sambil sesekali tangannya mencorat-coret di atas sebuah buku catatan kecil.

Gamawan mengatakan, sat ini pihanya membutuhkan bantuan logistik dan obat-obatan untuk para pengungsi, serta tenda dalam jumlah banyak. karena tenda yang ada sekarang masih jauh dari mencukupi. Begitu juga dengan logistik dan obat-obatan. selain itu, pasokan bahan bakar juga sangat diperlukan, karena saat ini selalu terjadi antrean panjang di SPBU-SPBU di Kota Padang.

Setelah mendengar semua pemaparan tesebut, Presiden langsung memerikan pengarahannya, dan sekaligus menunjuk Gamawan sebagai Ketua Tim Tanggap darurat bencana alam Sumatra Barat. “Saudara Gubernur akan memimpin tanggap darurat ini untuk jangka waktu pertama 20 hari, dan dapat diperpanjang jika dibuthnhkan. semua pihak diharuskan membantu, semua departemen, semua instansi, TNI, Polri dan sebaainya wajib membantu agar masa tanggap darurat isa cepat kita lalui dengan berhasil,” ujar SBY.

Dalam rapat yang diikuti banyak wartawan itu, SBY juga menyebutkan pemerintah telah menyediakan anggaran sebesar Rp 100 miliar dan sudah bisa langsung digunakan untuk bencana alam Sumbar. Selain itu, pemerintah pusat pada harikemarin juga sudah mengirimkan berton-ton bantuan logistik, tenda dan obat-obatan untuk sumbar.

“Untuk tenda kita sudah datangkan ke Sumbar dalam jumlah sangat banyak. kalau masih kurang, kita akan datangkan lagi. Sedangkan untuk logistik, kita juga punya cadangan beras pemerintah yang sudah bisa dipakai bagi kepentingan tanggap darurat ini,” ujar Menko Kesra Aburizal bakri usai rapat kepada wartawan.

Sementara Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan, untuk pemenuhan obat-obatan juga tidak perlu dikhawatirkan. Karena menurutnya, sejak pagi kemarin dia sudah mengirim beberapa macam obat dan perlengkapan medis yang dibutuhkan dalam masa tanggap darurat.

“Dan semua itu dalam jumlah hitungan ton. Jadi sangat banyak dan saya kira sangat cukup untuk tanggap darurat. itupun bisa kita tambah lagi kalau memang kurang. Intinya, kita tidak kekurangan obat-obatan jenis apa saja,” tuturnya.

Usai melakukan rapat koordinasi dengan gubernur Sumbar diikuti para menteri dan panglima TNI serta kapolri, presiden kemudian melaukan peninjauan ke beberapa lokasi yang memakan korban paling banyak di Kota Padang. Di lokasi pertamayang dikujungi Sby adalah Hotel Ambacang yang ambruk, dan diduga masih ada korban yang terjbak di dalamnya meski kemarin beberapa jenazah berhasil di evakuasi dari balik reruntuhan.

Ratusan warga yang berkerumun di lokasi tersebut langsung menyambut SBY dengan teriakan “hidup SBY, Hidup SBY.” Teriakan ini langsung disambut SBY dengan senyum dan lambaian tangan. Dengan pengeras suara, SBY kemudian mengatakan kepada warga bahwa pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin menangani bencana yang menimpa Sumbar.

“Semua ini akan bisa kita lalui dengan baik dengan kebersamaan. Tidak perlu berkecil hati, karena pemerintah akan berusaha maksimal agar para korban dapat terbantu degan sebaik-baiknya, ” ujar SBY.

Lokasi kedua yang dikunjungi SBY adalah Lembaha Bimbingan Belajar Gamma di jalan Proklamasi padang. Di tempat ini, SBY kembali disambut teriakan “Hidup SBY” berkali-kali oleh warga yang menyemut di situ. Kepada warga yang menyambutkan dengan antusias, SBY mengajak warga untuk bersabar. karena menurutnya, seluruh kekuatan yang ada akand ikerahkan untuk mnyelematkan korban yang belum berhasil di evakuasi dari balik reruntuhan.

Usai dari lokasi itu, SBY kemudian menuju ke Wiswa PT Semen Padang di Indarung, dan bermalam di wisma tersebut. (rin/hnk)

Data gempa Sumbar sampai pukul 21.00 WIB
Kota/kabupaten meninggal Luka berat Luka ringan bangunan
Padang 197 50 1.590 150 (RB)
200 (RS)
1.500 (RR)
Pesisir Selatan 7 8 10 RB
50 RR
Bukittinggi 7 4 180 RB
50 RR
Padang pariaman 154 25 500 150 RB
60 RR
kota Solok 4 4
Sumber: posko Satkorlak PBA Sumbar.


1 Comment so far
Leave a comment

Sampaikan ungkapan cinta, keluh kesah, kritik, dan saran anda untuk pemimpin kita

http://www.facebook.com/pages/Presiden-Indonesia/204016290557

Comment by Rakyat Biasa




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: