useful


Aneh, Fotografer Bola Jadi Terdakwa
December 1, 2009, 8:56 am
Filed under: news around Indonesia

dari milis sebelah
Fotografer Bola Dwi Ari Setyadi (Yoyok) sedang menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya. Senin ini (30/11) dia bersama Triyanto hadir sebagai terdakwa untuk mendengar dakwaan. Keduanya didakwa melanggar pasal 72 ayat (2) UU RI nomor 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta juncto pasal 55 (1) ke-1 KUHP.

Sedikit gambaran, tahun 2008 Yoyok didatangi Suhartono Salimun, produsen raket bulu tangkis bermerek Hart. Dia minta kepada Yoyok untuk mengerjakan iklan yang akan dipasang di tabloid Bola untuk enam edisi. Mengingat posisi Yoyok fotografer, dia bersedia dan menggandeng kawannya, Triyanto dari biro iklan. Sesudah beberapa kali pertemuan, mereka bersepakat dengan Suhartono untuk mengerjakan iklan yang akan dipasang di Bola. Disini mereka akan melakukan pekerjaan teknis, namun urusan model menjadi tanggung jawab Hart. Disini Hart menunjuk Trikus Heriyanto

Tentu saja, sudah sewajarnya, Yoyok dan Triyanto tidak mengurus perizinan apalagi kontrak dengan model yang dimaksud. Dalam prosesnya, pihak Hart menghubungi Yoyok dan mengatakan ada empat pemain bulu tangkis yang menjadi model, yaitu Trikus, Bambang Suprianto, Joko Suprianto, dan Minarti Timur.

Lalu mendengar mereka akan berlaga di Wali Kota Surabaya Cup 2008, Yoyok datang ke Surabaya. Namun dia mendapat kabar bahwa Joko tidak jadi, sebagai gantinya Tony Gunawan akan menjadi salah satu model. Ketika bertemu dengan para pemain, Yoyok memperkenalkan diri sebagai wartawan Bola. Akan tetapi dalam hal ini dia mengerjakan proyek pemotretan atas permintaan Hart. Dalam Wali Kota Cup itu Yoyok memotret Bambang, Trikus, dan Tony, namun Minarti tidak berlomba. sehingga hart membeli foto Minarti dari Bola. Ketika itu Yony menyebutkan, untuk fotonya jangan memasang dirinya memegang raket Hart, polos saja.

Tanggal 9 Mei 2008 iklan perdana Hart tayang di Bola dan terbit kembali lima kali berturut-turut setiap dua minggu. Iklan dengan Tony sebagai bintang muncul dalam tayangan keempat. Pemuatan iklan itu berbuntut karena Tony komplain. Pihaknya tidak pernah memberi izin dirinya dihadirkan untuk iklan Hart.

Pada 17 Juni 2008 dia memasang iklan bantahan di Bola. Intinya Tonny menegaskan tidak pernah memberi izin untuk pihak Hart. Dia juga mengatakan bahwa dia selalu memakai raket Yonex sejak tahun 1990, raket itu yang terbaik. (Ternyata Tony terikat kontrak dengan Yonex sejak 2008 -kalau tidak salah). Dia juga menuding iklan Hart yang memasang dirinya sebagai model merupakan iklan palsu.

Tidak terima dengan iklan Tony tersebut, manajemen Hart mengeluarkan bantahan pada 11 Juli 2008 di Bola.

Pada 20 Agustus 2008 Tony menempuh upaya hukum dan melaporkan Suhartono Salimun ke Polwiltabes Surabaya. Dalam pemanggilan pertama, Yoyok dan Triyanto berstatus sebagai saksi.

Selanjutnya penyidik datang ke Jakarta untuk pemeriksaan kedua. Dalam pemeriksaan itu keduanya “diarahkan” dengan pertanyaan teknis seputar pemotretan dan iklan. Selanjutnya Yoyok dan Triyanto ditetapkan sebagai tersangka. Sementara sampai sekarang status perkara Suhartono tidak jelas. Terakhir kali, tahun 2008, berkas perkara Suhartono P19 (masih harus dilengkapi karena belum sempurna). Benar-benar janggal mengingat “peran” Triyanto dan Yoyok dalam pasal yang disangkakan yaitu “turut serta”. Tapi disini Suhartono sebagai kunci malah “aman”.

Menjadi persoalan, bisa dikatakan Yoyok dan Triyanto menjadi korban. Disini Tony Gunawan menerima suvenir dan uang dari Hart, tapi Yoyok tidak mengetahui persis jumlahnya. Ada informasi, oleh Tony uang itu diserahkan kepada Wijanarko, pengurus di PB PBSI. Anehnya, Wijanarko tidak pernah dipanggil penyidik untuk dimintai keterangan.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: