useful


Melaju 70 Jam Tanpa Henti
December 20, 2011, 8:50 am
Filed under: news of business

TIADA karya tanpa inovasi teknologi berinstrumen tinggi. Itulah prinsip yang dipakai produsen sepeda motor TVS kala berkomitmen untuk memasuki pangsa pasar baru mereka di Indonesia. Modal tersebut menjadi langkah penting untuk menghadapi kalangan pemasok sepeda motor yang sudah terlebih dulu mapan, terutama hasil pabrikan asal Jepang; Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.

Namun semua itu tak membuat TVS gentar. Satu terobosan baru yang menjadi titik sentral pemasaran sepeda motor TVS di Indonesia adalah peluncuran produk di jenis bebek. Sejak memastikan diri masuk ke Indonesia, seri bebek menjadi dominan. Beragam varian hadir untuk memenuhi tingkat konsumsi masyarakat Nusantara yang cenderung memburu sepeda motor bebek.

Satu fakta terobosan yang terbilang revolusioner untuk si pendatang baru asal India tersebut tak lain adalah produk berlabel TVS Tormax 150 cc. Sejak diluncurkan pada medio Mei 2011 lalu, brand ini langsung menyita perhatian, dan menjadi satu faktor tulang punggung penjualan merk TVS di Indonesia dalam enam bulan terakhir. Fakta menyebut, target penjualan 500 per bulan menjadi terasa ringan. Beberapa waktu lalu, Chief Operating Officer PT TVS MCI, Darmady Tjuatja mengungkapkan, mereka bisa memroduksi TVS Tormax 150 cc sejumlah seribu unit per bulan. Namun dengan performa mesin, model stylish dan harga terjangkau, membuat varian Tormax terbaru ini memiliki keunggulan komparatif yang mudah diterima kalangan konsumen, terutama di segmen anak muda.

Segmen anak muda dan yang berjiwa muda memang menjadi sasaran utama produk yang dilepas ke pasaran dengan harga Rp 15 juta ini. Menjelang pergantian tahun, TVS Tormax dianggap sebagai terobosan brilian dalam penciptaan karakter motor bebek yang multiguna, tetapi tidak menghilangkan kesan segar dan elegan.

Pihak TVS Motor Company Indonesia merilis fakta tersendiri mengenai TVS Tormax 150 cc, yang membuat konsumen punya cerita tersendiri. Kualitas dari sisi penggarapan karakter motor secara visual tak perlu diragukan lagi. Manajemen TVS menambahkan fakta yang membuat motor jenis ini punya level tersendiri di mata para pencinta kuda besi.

Dalam beberapa ujicoba yang dilakukan di depan konsumen dalam segala kondisi cuaca, TVS Tormax 150 cc punya kelebihan dalam hal ketahanan. Bayangkan  saja, rata-rata uji ketahanan yang berhasil dilewati menembus angka 5.800 kilometer dalam 70 jam!. Tak heran, gelar ‘The Best Construction’ berhasil diraih di ajang penghargaan Indonesian Motobike of The Year (IMOTY) 2011, yang berlangsung beberapa waktu lalu. Sebelumnya, model ini juga berhasil menaklukkan sirkuit internasional Sentul dengan melahap 1.463 laps!.

“Kami sudah set sejak awal, motor ini memang diperuntukkan bagi kalangan muda nan enerjik, dinamis, teknologi futuristik dan kenyamanan. Saya optimis tahun depan Tormax 150 cc menjadi pilihan tersendiri,” ujar Darmady Tjuatja Chief Operating Officer PT TVS Motor Company Indonesia.

Secara fisik, motor ini hadir dengan tampilan racing, bentuk bodi aerodinamis dan futuristis, serta ditambah striping beraksen balap. Soal tenaga, dapur pacunya punya kekuatan 13.2 PS masing-masing 8000 RPM dan torsi 12.5 Nm masing-masing 5500 RPM. Tenaga tersebut didukung mesin 150 cc dengan lima level kecepatan.

Soal piranti ‘software’, Tormax 150 cc juga punya fitur unik, Dual Tune Muffler. Bentuk operasional alat ini adalah sebuah mekanisme pada setang kemudi untuk mengubah suara knalpot dengan suara yang gahar ataupun normal. Di sistem stang juga ada Racing Digital Meter seperti Speedometer, Tachometer, Odometer, Lengkap dengan auto speed recorder. Instrumen yang merekam top speed terakhir saat berkendara.

Teknologi pendukung lainnya adalah horizontal gas monoshock absorber, yang berguna untuk kestabilan motor lebih maksimum, baik saat melaju cepat maupun bermanuver. Kehandalan lain adalah penggunaan radiator alias Liquid Cooled, guna menjaga suhu mesin tetap stabil di berbagai medan dan kondisi cuaca.

Sistem pengamanan rem juga punya spesifikasi yang dianggap terbaik di Indonesia, yakni Front Disc dengan giga disc berdiameter 290 mm untuk bagian depan dan 185 mm di bagian belakang. Aplikasi teknologi yang membalut performa fisik, membuat TVS Tormax 150 cc dianggap sebagai pesaing berat bagi sepeda motor sejenis dari Honda, Yamaha dan Suzuki.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: